Mari kita jadikan matematika sebagai pelajaran yang menarik dan menyenangkan...
Pages - Menu
▼
Pages - Menu
▼
Wednesday, 30 September 2015
Soal Latihan Aritmatika Sosial
Pada postingan kali ini, penulis ingin berbagi soal mengenai aritmatika sosial. Aritmatika sosial merupakan salah satu aplikasi dari ilmu matematika. Dalam aritmatika sosial, hal-hal yang dibahas seputar, bunga dan pinjaman, kegiatan jual-beli ,dan pajak. Berikut ini adalah beberapa contoh soal mengenai aritmatika sosial, semoga bermanfaat!
Soal bruto, neto, dan tara
1. Pak Hadi
membeli 6 karung beras dengan berat tiap karung adalah 0,5 kuintal. Pada karung
beras tersebut tertera tulisan ”bruto 1%”. Berat bersih beras yang dibeli oleh
Pak Hadi adalah ....
2. Zaki
membeli sebuah produk minuman. Pada produk minuman tersebut tertulis
“Netto: 490 gram tara 2%. Bruto dari
minuman tersebut adalah ....
3. Paman
membeli 4 karung beras @50 kg. Jika berat bersih beras adalah 196 kg, tentukan:
a a. Tara
b b. Prosentase
tara
4. Sebuah
kaleng minuman diketahui memiliki tara 2%. Jika berat kaleng minuman adalah 20
gram, tentukan:
a a. Bruto
dari minuman kaleng
b b. Neto dari
minuman kaleng
5. Seorang
pedagang membeli 2 karung beras dengan berat tiap karung setengah kuintal
dengan harga Rp 500.000,00/karung. Jika tara beras diketahui 1% dan pedagang
tersebut kemudian menjualnya lagi dengan harga Rp 12.000,00/kg dan karungnya
dijual dengan harga Rp 5.000,00/karung.
Tentukan keuntungan yang diperoleh pedagang tersebut!
6. Seorang
pedagang membeli 6 karung beras dengan berat tiap karung setengah kuintal
dengan harga Rp 600.000,00/karung. Jika tara beras diketahui 1% dan pedagang
tersebut kemudian menjualnya lagi dengan harga Rp 14.000,00/kg dan karungnya
dijual dengan harga Rp 3.500,00/karung.
Tentukan prosentase keuntungan yang diperoleh pedagang tersebut!
Soal
bunga tunggal
7. Amir
menabung di bank sebesar Rp. 200.000,00 dengan bunga tunggal 1,5% per bulan.
Tentukan:
a. Bunga yang
diperoleh Amir tiap bulan.
b. Bunga
yang diperoleh Amir setelah 9 bulan.
c. Bunga
yang diperoleh Amir setelah 2 tahun.
d. Besar
uang Amir setelah 8 bulan.
8. Wati
menabung di bank sebesar Rp 6.000.000,00 dengan bunga tunggal 12% pertahun.
Tentukan:
a. Besar
bunga Wati setelah 8 bulan.
b. Besar
bunga Wati setelah 1,5 tahun.
c. Jumlah
seluruh tabungan Wati setelah 8 bulan.
d. Jumlah
seluruh tabungan Wati setelah 1,5 tahun.
Tuesday, 29 September 2015
Soal Olimpiade Yang Menarik
Pada postingan kali ini, penulis ingin berbagi mengenai sebuah soal barisan bilangan yang terdapat pada olimpiade matematika. Kenapa saya memilih soal ini, karena soal ini beberapa kali penulis coba selesaikan tapi tidak berhasil dan alhamdulillah sekarang sudah terpecahkan, hehe.... Semoga bermanfaat!
Nilai dari (12+22+32+ ...
+20162) – (1.3 + 2.4 + 3.5 + ... +2015.2017) adalah ....
Penyelesaian:
(12+22+32+ ... +20162) – (1.3 + 2.4 + 3.5 + ... +2015.2017)
= (1.1 + 2.2 + 3.3 + ... + 2016.2016) - (1.3 + 2.4 + 3.5 + ... + 2015.2017)
= 1.1 + 2.2 + 3.3+ ... + 2015.2015 + 2016.2016 - 1.3 - 2.4 - 3.5 - ... - 2015.2017
= (1.1 - 1.3) + (2.2 - 2.4) + (3.3 - 3.5) + ... + (2015.2015 - 2015.2017) +20162
= -2 + (-4) + (-6) + ... + (-4030) + 20162
Dengan menggunakan rumus jumlah suku ke-n dari barisa aritmatika, kita dapat tentukan nilai dari -2 + (-4) + (-6) + ... + (-4030), yakni
Selanjutnya,
-2 + (-4) + (-6) + ... + (-4030) + 20162 = -2015.2016 +2016.2016
= 2016(-2015 + 2016)
= 2016. 1
= 2016
Monday, 28 September 2015
Janganlah Berburuk Sangka Kepada Orang Lain
Sumber gambar: saiframadhan.wordpress.com |
Tidak lama kemudian pemuda tersebut berteriak lagi "Ayah, lihat awan itu berjalan mengikuti kita.
Melihat kelakuan pemuda yang tidak sesuai umurnya dan terkesan kekanak-kanakan, laki laki yang duduk di sebelah Ayah pemuda tersebut kemudian berbicara. "Kenapa kamu tidak membawa putramu ke dokter spesialis untuk diperiksa?"
Dengan tersenyum ayah pemuda tersebut menjawab"Saya sudah membawanya ke rumah sakit, dia dinyatakan buta sejak lahir dan sekarang dia mendapatkan kembali penglihatannya".
Mendengar penjelasan ayah dari pemuda paruh baya tersebut, laki-laki tersebut terdiam dan terlihat malu.
Setiap orang di bumi ini memiliki sebuah cerita. Jangan menghakimi seseorang sebelum mengetahui dengan jelas perihal tentangnya. Belajarlah melihat setiap permasalahan dari berbagai sisi, sehingga kamu akan menjadi seorang yang bijak.
Sunday, 27 September 2015
Monday, 14 September 2015
Soal Pengayaan Statistika
Soal Latihan
- Rata-rata berat badan kelas 9A adalah 63 kg dan rata-rata berat badan kelas 9B adalah 68 kg. Jika rata-rata berat badan keduanya adalah 65 kg, maka perbandingan banyak siswa kelas 9B dengan 9A adalah ....
- Nilai ulangan harian Mimin adalah sebagai berikut:75, 80, 85, dan 70.Jika Mimin berharap mendapatkan rata-rata 90, paling sedikit berapa ulangan harian lagi yang harus Mimin lakukan?
- Perhatikan tabel distribusi dibawah ini! Jika mean 6,4 , maka nilai dari n adalah ....
Nilai
|
Frekuensi
|
5
|
7
|
6
|
10
|
7
|
N
|
8
|
5
|
9
|
2
|
- Jika Rayhan memperoleh nilai 99 pada ujian yang akan datang maka nilai rata-ratanya menjadi 89. Tetapi jika ia memperoleh nilai 79, maka rata-ratanya menjadi 85. Berapa banyak ujian yang Reyhan telah ikuti?
- Sebuah kelas memiliki nilai rata-rata 5,2 , median 6, dan jangkauan 8. Karena data yang diperoleh tidak memuaskan, maka seluruh data diubah dengan cara setiap data dikalikan 6 dan hasilnya dibagi 4. Tentukan rata-rata dan median data terbaru!
- Toto telah mengumpulkan empat tugas untuk mata pelajaran fisika, berturut-turut nilainya 7,8,5, dan 8 sedangkan satu 1 tugas lagi belum dikembalikan oleh gurunya. Jika gurunya berkata nilai rata-rata Toto untuk lima tugasnya sama dengan mediannya dan diketahui rentang nilai tugas adalah 1-10, nilai tugas kelima yang mungkin didapatkan oleh Toto adalah ....
Wednesday, 2 September 2015
Pembuktian Rumus Logaritma bagian pertama
Pada postingan kali ini, penulis ingin berbagi mengenai beberapa pembuktian sifat logaritma, semoga bermanfaat!
Pembelajaran Matematika Berbasis Peta Konsep
Dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain, matematika merupakan pelajaran yang cukup membosankan dan tergolong susah. Hal ini dikarenakan banyaknya perhitungan-perhitungan yang digunakan dan pola berpikir kebanyakan siswa yang menempatkan matematika sebagai pelajaran "menghafal rumus"sangat melekat dalam benak mereka.
Namun demikian, bukan berarti kita sebagai pengajar tidak dapat memberikan sajian menarik seputar dunia matematika. Sebagai ilustrasi, jaman dahulu, mungkin ketela selalu disajikan dalam bentuk ketela goreng, ketela rebus, atau getuk yang dari penampilan mungkin kurang menarik dan membosankan. Namun seiring berjalannya waktu, ketela kini disajikan dalam berbagai bentuk dan varian serta dikemas dalam kemasan yang menarik. Begitu pula matematika, jika kita bisa mengemasnya secara unik dan menarik, bukan hal yang tidak mungkin jika matematika dapat menjadi pelajaran primadona di sekolah.
Namun demikian, bukan berarti kita sebagai pengajar tidak dapat memberikan sajian menarik seputar dunia matematika. Sebagai ilustrasi, jaman dahulu, mungkin ketela selalu disajikan dalam bentuk ketela goreng, ketela rebus, atau getuk yang dari penampilan mungkin kurang menarik dan membosankan. Namun seiring berjalannya waktu, ketela kini disajikan dalam berbagai bentuk dan varian serta dikemas dalam kemasan yang menarik. Begitu pula matematika, jika kita bisa mengemasnya secara unik dan menarik, bukan hal yang tidak mungkin jika matematika dapat menjadi pelajaran primadona di sekolah.
Salah satu cara untuk mengemasnya adalah dalam bentuk peta konsep. Peta konsep adalah suatu alat yang digunakan untuk menyatakan hubu-ngan yang bermakna antara konsep-konsep dalam bentuk proposisi-proposisi. Pro-posisi-proposisi merupakan dua atau lebih konsep-konsep yang dihubungkan oleh kata-kata dalam suatu unit semantik. (dikutip dari http://devisologi.blogspot.com/). Melalui peta konsep, kita dapat meringkas sebuah materi yang sangat banyak menjadi sederhana dan padat sehingga pokok pembahasan itu sangat mudah diterima. Sehingga siswa tidak perlu membuat catatan yang matematika yang sangat detail sekali, meskipun dalam keadaan tertentu hal tersebut sangat diperlukan. Selain itu melalui gambar-gambar dan kode-kode tertentu yang terdapat pada peta konsep kita lebih cepat mengingatnya dan menguasai materi tersebut.
Berikut ini adalah salah satu peta konsep mengenai pelajaran statistika yang terdapat di sekolah menengah pertama yang penulis buat semoga bermanfaat!