Pages - Menu

Pages - Menu

Tuesday, 23 August 2016

Soal dan Pembahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung

Assalamualaikum matholic semua!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi soal latihan mengenai bangun ruang sisi lengkung yang merupakan bagian dari metari kelas 9 SMP. Sebagai bonus penulis juga memberikan pembahasannya agar lebih mudah digunakan untuk belajar. Semoga bermanfaat! Untuk file dapat diunduh disini .

Soal 1























Soal 2



















Soal 3
Soal 4















Soal 5
















Soal 6







Friday, 19 August 2016

Olimpiade AMPHIBI 2016

Assalamualaikum matholic semua!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin menginfokan olimpiade AMPHIBI 2016. Olimpiade AMPHIBI 2016 merupakan kelanjutan dari Olimpiade AMFIBI 2013 , dan Olimpiade Matematika AMFIBI 2014 yang ditujukan untuk siswa SMP/MTs. Pada Olimpiade AMPHIBI kali ini dikemas lebih menarik dengan soal-soal yang lebih menantang. Penasaran? Buruan daftar!
Untuk info dan pendaftaran dapat klik disini .


























Thursday, 18 August 2016

Mengajar Matematika Gaya Kinestetik

Matematika merupakan sebuah salah satu pelajaran yang bersifat sangat formal, dimana setiap pengerjaannya diperlukan prosedur yang benar dan disertai teori-teori yang mendukung pengerjaannya. Selain itu, matematika memiliki pola berpikir yang bersifat induktif, yaitu pola berpikir yang berawal dari hal yang bersifat umum kemudian menjurus kepada hal yang bersifat khusus menyebabkan dalam penerapannya matematika dianggap sebagai ilmu yang kaku. Hal tersebut kemudian terbawa pada karakter beberapa guru matematika, yakni kaku dalam penyampaiannya dan terkesan menakutkan. Tidak heran jika hingga dahulu sampai sekarang matematika selalu menempati rangking teratas kategori mata pelajaran tersulit dikalangan banyak siswa.

Sebagai bentuk antisipasi akan hal tersebut, kita sebagai pembelajaran (khususnya mata pelajaran matematika) sangat perlu membuat inovasi-inovasi pembelajaran matematika yang membuat siswa termotivasi dan bersemangat belajar pelajaran tersebut, salah satunya adalah mengajar matematika dengan gaya kinestetik. Kinestetik adalah keistimewaan pada orang-orang tertentuyang lebih cepat memahami ilmu atau pelajaran dengan aktivitas dibanding membaca dan menghafal. Melalui gaya pembelajaran kinestetik ini, siswa tidak hanya belajar matematika melalui mencatat atau mengerjakan soal saja, namun siswa dapat beraktifitas fisik, Misalnya dengan pendekatan game, melakukan eksperiment mengenai sebuah objek. Selain itu jika dalam mengajar seorang guru melakukan banyak aktifitas menarik, maka perhatian siswa lebih fokus kan mereka akan lebih jauh dari kata bosan.

Selain itu, dengan kita mengajar dengan gaya kinestetik, siswa merasa lebih nyaman dalam belajar. Hal itu karena ketika guru berpenampilan secara kinestetik yang lebih banyak bergerak, siswa akan merasa bahwa belajar matematika tidak selalu dengan cara yang formal, namun belajar matematika dapat dilakukan secara fleksibel. Jika siswa merasa nyaman dalam mempelajarinya, maka akan mereka dapat berkreasi terhadap pelajaran tersebut, misalnya dengan menemukan cara-cara unik dalam menyelesaikan soal, karena salah satu hal yang selama ini selalu menjadi penghalang kemajuan pembelajaran matematika di Indonesia adalah mindset siswa bahwa menyelesaikan soal itu harus menggunakan rumus dan harus sesuai dengan langkah-langkah yang telah diajarkan oleh guru.

Meskipun demikian, pembelajaran dengan gaya kinestetik bukanlah satu-satunya pembelajaran yang sesuai untuk siswa. Salah satu kekurangan dalam pembelajaran kinestetik adalah dalam satu kelas biasanya terdapat siswa yang memiliki gaya pembelajaran kinestetik. Menurut pengalaman penulis ketika mengajar, sebagian kecil dari siswa kesulitan kesulitan dalam memahami pelajaran. Kebiasaan mereka yang selalu mendengarkan dan mencatat apa yang telah dituliskan guru di papan tulis, membuat mereka kesulitan dalam mencatat maupun memahami maksud yang disampaikan oleh seorang guru.  


Tuesday, 16 August 2016

Soal Latihan UTS Matematika Kelas 9

Assalamualaikum matholic semua! Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi mengenai soal latihan ulangan tengah semester ganjil matematika kelas 9. Soal ini penulis ambilkan dari soal ulangan tengah semester tahun lalu tempat penulis mengajar. Semoga soal ini bermanfaat sebagai latihan. Semoga bermanfaat! Soal dapat diunduh disini.

Monday, 15 August 2016

Cara Menentukan Penyelesaian dari Pertidaksamaan Aljabar

Assalamualaikum matholic semuanya!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi mengenai bagaimana cara menentukan penyelesaian dari sebuah pertidaksamaan aljabar secara mudah, karena selama ini pertidaksamaan aljabar merupakan salah satu materi yang agaj membingungkan. Semoga bermanfaat!

Tentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan




Penyelesaian:
Untuk menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan tersebut kita harus perhatikan langkah-langkah berikut ini!
1. Tentukan akar akar dari setiap faktor linearnya
2. Tentukan koefisien dari setiap faktor faktor linearnya
3. Tentukan pangkat dari setiap faktor linearnya
4. Jika koefisien dari faktor-faktor linearnya dipangkatkan dengan pangkat dangan pangkat dari setiap     faktor-faktor linearnya, maka diperoleh tanda positif sehingga tanda pada ujung yang paling kanan     dari garis bilangan juga positif.
5. Letakkan akar-akar dari setiap faktor linearnya pada garis bilangan. Karena tanda pada ujung
    kanan sudah ditentukan, maka tinggal menentukan tanda yang lain sebagai berikut:
    Jika pangkat dari faktor linearnya genap, maka tanda berikutnya sama dengan tanda sebelumnya.
    Jika pangkat dari faktor linearnya ganjil, maka tanda berikutnya berlawanan tanda dengan
    sebelumnya.

Langsung saja kita selesaikan soal diatas,
akar-akar dari setiap faktor linear adalah 1, -2, 3/2, dan -1
koefisien dari setiap faktor linear adalah 1,1, 2, dan 1
pangkat dari setiap faktor linearnya adalah 4,5,6, dan 7
Buatlah garis bilangan berdasarkan faktor-faktornya, sebagai berikut:




Berdasarkan ketentuan pada point 4, Jika koefisien setiap faktor linear dipangkat, maka
16= 1 (positif)
15= 1 (positif)
17= 1 (positif)

24= 16 (positif)
maka tanda pada ujung paling kanan dari garis bilangan adalah positif, sebagai berikut:



Berdasarkan ketentuan nomor lima, maka
pangkat dari faktor linear 3/2 adalah 4 (genap), maka tanda setelahnya adalah positif
pangkat dari faktor linear 1 adalah 6 (genap), maka tanda setelahnya adalah positif
pangkat dari faktor linear -1 adalah 5 (ganjil), maka tanda setelahnya adalah negatif
pangkat dari faktor linear -2 adalah 7 (ganjil), maka tanda setelahnya adalah positif
Dapat dilukiskan sebagai berikut:




Berdasarkan garis bilangan diatas, maka penyelesaiannya adalah x < -2 atau x > 1.

Friday, 12 August 2016

Latihan Soal Peluang Online

Assalamualaikum matholic semuanya, pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi mengenai soal latihan peluang SMP secara online sebagai bahan belajar. Namun mohon maaf, untuk hasil pengerjaan kalian saya posting sebualan setelahnya. Semoga bermanfaat! Untuk soal latihan lebih banyak klik disini .

Monday, 8 August 2016

Soal Latihan Online Barisan dan Deret

Assalamualaikum Matholic semua!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi latihan soal mengenai perbandingan. Namun, kali ini kalian dapat mencobanya secara langsung dan hasil pekerjaan kalian akan penulis umumkan sebulan kemudian. Selamat mencoba!



Soal Latihan Online Barisan dan Deret

Assalamualaikum Matholic semua!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi latihan soal mengenai perbandingan. Namun, kali ini kalian dapat mencobanya secara langsung dan hasil pekerjaan kalian akan penulis umumkan sebulan kemudian. Selamat mencoba! Sedangkan soal online lebih banyak klik disini



Thursday, 4 August 2016

Soal dan Pembahasan Kesebangunan

Assalamualaikum matholic semuanya!
Pada postingan kali ini penulis ingin berbagi soal dan pembahasan mengenai kesebangunan yang merupakan materi pembelajaran di kelas 9. Semoga bermanfaat!






Pembahasan:














Pembahasan:




























Pembahasan:






















Pembahasan:












Pembahasan:




















Pembahasan:




























Pembahasan:


Pembahasan:
Untuk soft file soal dapat diunduh disini

































Wednesday, 3 August 2016

Soal dan Pembahasan Olimpiade Aljabar

Tidak terasa, sudah beberapa bulan penulis vakum di dalam dunia penulisan blog karena kesibukan penulis beberapa bulan ini. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin mengawali kembali dengan pembahasan olimpiade bagian aljabar. Semoga bermanfaat!