Mari kita jadikan matematika sebagai pelajaran yang menarik dan menyenangkan...
Pages - Menu
▼
Pages - Menu
▼
Thursday, 15 December 2016
Sunday, 4 December 2016
Menyelesaikan Perkalian Dengan Keping Napier
Assalamualaikum matholic semua! Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi mengenai salah satu tekhnik perkalian selain menggunakan cara bersusun, yakni menggunakan keping napier. Keping napier ditemukan pada tahun 1617 oleh John Napier. Keping ini juga disebut napier's bones. Bentuk keping napier adalah sebagai berikut:
Bagian (kotak) yang berwarna merah diisi dengan bilangan yang dikalikan.
Bagian (kotak) yang berwarna hijau diisi dengan bilangan yang dikalikan.
Bagian yang tidak berwarna diisi dengan bilangan yang dikalikan.
Untuk lebih mudahnya, langsung saja kita praktekkan bagaimana cara kerja dari keping napier ini.
Misalnya kita akan menghitung 709 x 51 maka kita perlu membuat keping napier yang didalamnya berukuran 3x2 sebagai berikut:
Selanjutnya kita isi kotak-kotak yang berada didalam dengan hasil perkalian bilangan pada baris dan kolom tersebut,
misal pada baris pertama dan kolom pertama pada kota yang berwarna putih adalah perkalian antara 7 dan 5 menghasilkan bilangan 35, kita tulis
Hasil pengisian semua kotak yang kosong adalah sebagai berikut:
Untuk menentukan hasil perkalian antara 709 x 51, perhatikan gambar berikut ini
Maka, 709 x 51 = 36159
Menarik bukan pembahasannya? Semoga postingan kali ini bermanfaat dan nantikan postingan berikutnya.
Bagian (kotak) yang berwarna merah diisi dengan bilangan yang dikalikan.
Bagian (kotak) yang berwarna hijau diisi dengan bilangan yang dikalikan.
Bagian yang tidak berwarna diisi dengan bilangan yang dikalikan.
Untuk lebih mudahnya, langsung saja kita praktekkan bagaimana cara kerja dari keping napier ini.
Misalnya kita akan menghitung 709 x 51 maka kita perlu membuat keping napier yang didalamnya berukuran 3x2 sebagai berikut:
Selanjutnya kita isi kotak-kotak yang berada didalam dengan hasil perkalian bilangan pada baris dan kolom tersebut,
misal pada baris pertama dan kolom pertama pada kota yang berwarna putih adalah perkalian antara 7 dan 5 menghasilkan bilangan 35, kita tulis
Hasil pengisian semua kotak yang kosong adalah sebagai berikut:
Maka, 709 x 51 = 36159
Menarik bukan pembahasannya? Semoga postingan kali ini bermanfaat dan nantikan postingan berikutnya.
Wednesday, 23 November 2016
Humood AlKhudher - Jadi Diri Sendiri (Kun Anta versi Indonesia) (Officia...
Assalamualaikum matholic semua, kalau biasanya penulis posting mengenai latihan soal, pembahasan, atau materi pembelajaran. Sesekali lah penulis memposting mengenai lagu, sebagai penyemangat agar kembali fresh. Kun Anta
Tuesday, 15 November 2016
Soal Latihan Matematika Kelas 9 Pertemuan 4
Assalamualaikum matholic semua! Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi soal latihan kelas 9. Materi yang penulis angkat kali ini mengenai statistika dan peluang. Semoga bermanfaat!
Friday, 4 November 2016
Soal Latihan Matematika Kelas 9 Pertemuan 3
Assalamualaikum, matholic semua, pada postingan sebelumnya, penulis sudah berbagi mengenai soal latihan matematika pertemuan 1(soal latihan matematika kelas 9 pertemuan 2). Pada kesempatan kali ini penulis ingin melanjutkan soal pertemuan kedua. Pada pertemuan 3 ini, penulis mengangkat materi bentuk aljabar, persamaan linier satu variabel, dan fungsi. Semoga bermanfaat! Ditunggu kritik dan sarannya.
Pembuktian Rumus Logaritma Bagian Kedua
Assalamualaikum matholic semua!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin memposting kelanjutan dari postingan beberapa waktu lalu mengenai pembuktian rumus logaritma bagian pertama . Semoga bermanfaat!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin memposting kelanjutan dari postingan beberapa waktu lalu mengenai pembuktian rumus logaritma bagian pertama . Semoga bermanfaat!
Wednesday, 2 November 2016
Soal Latihan Matematika Kelas 9 Pertemuan 2
Assalamualaikum, matholic semua, pada postingan sebelumnya, penulis sudah berbagi mengenai soal latihan matematika pertemuan 1(Soal Latihan Matematika Kelas 9 Bagian 1). Pada kesempatan kali ini penulis ingin melanjutkan soal pertemuan kedua. Pada pertemuan 2 ini, penulis mengangkat materi himpunan dan barisan dan deret. Semoga bermanfaat! Ditunggu kritik dan sarannya.
Tuesday, 1 November 2016
Soal Latihan Matematika Kelas 9 Pertemuan 1
Assalamualaikum matholic semua! Tidak terasa UN kurang 6 atau 7 bulan lagi. Tentu kalian semua memerlukan banyak belajar dan latihan soal, terutama untuk mata pelajaran matematika. Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi latihan soal kepada kalian semua, namun penulis berikan secara bertahap ya. Semoga bermanfaat!
Sunday, 30 October 2016
Transformasi dengan matriks tertentu
Assalamualaikum matholic semua!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi pembahasan mengenai transformasi. Namun jangan salah, pembahasan transformasi kali ini tidak seperti pembahasan sebelumnya mengenai soal latihan transformasi kelas 7 atau soal latihan transformasi. Namun transformasi kali ini adalah transformasi dengan matriks tertentu. Penasaran, langsung saja kita bahas dan semoga bermanfaat!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi pembahasan mengenai transformasi. Namun jangan salah, pembahasan transformasi kali ini tidak seperti pembahasan sebelumnya mengenai soal latihan transformasi kelas 7 atau soal latihan transformasi. Namun transformasi kali ini adalah transformasi dengan matriks tertentu. Penasaran, langsung saja kita bahas dan semoga bermanfaat!
Saturday, 22 October 2016
Selamat Hari Santri
Jika seseorang hanya bisa dianggap santri jika pernah mondok, maka bisa d bilang saya menjadi salahsatu yang tidak berhak atas gelar mulia ini.
Sampai hari ini, boleh dibilang saya ndak pernah mondok di pesantren. Paling banter mungkin adalah ikut kegiatan pesantren kilat pas bulan ramadhan saat masih sekolah dulu....itupun paling cuma seminggu...
Jaman dulu kata santri, pesantren, nyantri dan sejenisnya adalah kata sakral yg walaupun tidak asing di telinga, tapi cukup untuk menggetarkan hati saya. Bagaimana tidak, seorang dengan gelar santri bagi saya adalah seorang yg paripurna atau setidaknya mereka yang meretas jalan menuju keagungan akhlak.
Setiap hari mereka bergelut dengan ke esaan, ke ilahian, dan pemurnian jiwa. Bahkan seringkali teman-teman saya yang berkesempatan menjadi santri menceritakan tentang keajaiban karomah guru-guru mulia mereka. Menjadi "saksi mata" berbagai peristiwa seperti itu adalah sebuah kemewahan.
Ah....sering iri juga jika mendengar cerita-cerita mereka. Namun, rasa itu sedikit terobati dengan kesediaan mereka menjadi kawanku. Berada diantara santri-santri seperti mereka mebuat saya merasa damai, merasa tercerahkan, bahkan kadang merasa sedang menjadi santri yang sedang belajar.....belajar hal hal baik tentang hidup ini dari mereka si "santri beneran"....yah....saya sangat senang sekali...biarpun dikata santri KW...ha2
Hari ini, ijinkan saya mengucapkan selamat kepada kalian....para santri....kawan-kawanku...walaupin saya sangat tahu bahwa kalian tidak membutuhkan ucapan atau pengharagaan seperti ini. Namun saya sangat percaya bahwa kalian layak untuk mendapatkanya...
Selamat hari santri
Dari kawanmu...santri KW yang ingin selalu belahae darimu....
Tulisan dari Mr. Aris Kurniawan
Flying Colours, Ketika Ketidakmungkinan Terjadi
Diceritakan seorang gadis dari keluarga sederhana bernama Sayaka Kudo. Mulai kecil Sayaka tidak memiliki seorangpun teman di sekolah dan terkadang dia menjadi sasaran bullying oleh temannya. Sehingga dia seringkali pindah dari sekolah satu ke sekolah yang lain. Ketika perjalanan pulang bersama ibunya, Sayaka tertarik dengan salah satu sekolah yang bernama Minglan Girl School. Karena sayang sekali dengan anaknya, sang ibupun menyetujui keinginan Sayaka.
Tidak seperti sekolah-sekolah lainnya, Sayaka mendapatkan banyak teman di Minglan Girl School. Diapun terlihat bahagia dan menikmatinya. Namun demikian seiring bertambahnya waktu Sayaka tumbuh menjadi remaja yang hanya suka menghabiskan waktu untuk bersenang-senang bersama temannya dan nilainya selalu bermasalah. Seringkali ibu Sayaka dipanggil oleh walikelas perihal kenakalannya, seperti kasus merokok.
Melihat hal tersebut, ibunya merasa sangat sedih namun dia selalu berpikir positif kepada putrinya. Ditambah lagi dengan sikap ayah Sayaka yang selalu tidak adil terhadap putrinya tersebut ketimbang anak laki lakinya yang bernamaRyuuta, Akhirnya diapun menyarakan kepada Sayaka untuk mencoba konsultasi di sebuah bimbingan belajar mengenai pendidikannya dan ditempat itulah Sayaka mulai mendapatkan semangatnya yang telah hilang.
Di tempat Bimbingan Belajarnya yang baru, dia bertemu tutor hebat yang bernama Tsubota. Mr. Tsubota menyarankannya untuk mengikuti tes ujian Universitas Keio. Meskipun awalnya dia menolak karena menganggap hal tersebut adalah hal mustahil, namun berkat arahan dari Mr. Tsubota akhirnya menyetujuinya. Selain itu, cara berpikir Mr. Tsubota yang selalu positif dengan semua kejadian yang ada membuat Sayaka tambah percaya bahwa dia mampu menembus Keio University. Diapun menjadi giat dan menambah jam belajarnya di bimbingan belajar tersebut.Akhir cerita, setelah melalui perjalanan belajar yang panjang dan melelahkan, akhirnya Sayaka diterima di Keio University.
Bagi penulis, film ini recommended sekali untuk para orang tua dan guru. Karena melalui film ini kita diajarkan bagaimana melihat seorang anak atau seorang siswa dari sudut pandang yang berbeda. Karena, bagaimanapun kurangnya seorang anak atau siswa pasti dia memiliki sebuah harapan atau cita-cita meskipun itu kecil sekali dan menjadi tugas kita para orang tua dan guru untuk memperbesar hal tersebut. Bagaimana menurut pendapat pembaca sekalian?
Pembahasan Uji KMNR 12 Kelas 9
Asasalamualaikum matholic semua!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi mengenai pembahasan uji KMNR 12 setelah pada kesempatan sebelumnya penulis juga telah memposting mengenai pembahasan uji KMNR 12 kelas 7-8 . Semoga dapat digunakan sebagai bahan belajar dan latihan. Semoga bermanfaat!
Wednesday, 19 October 2016
Soal Dan Pembahasan Pangkat Tak Sebenarnya Komplit
Assalamualaikum matholic semua! Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi soal dan pembahasan mengenai pangkat tak sebenarnya. Pangkat tak sebenarnya merupakan bilangan berpangkat yang meliputi pangkat negatif, nol, maupun pangkat pecahan. Pada pembahasan pangkat tak sebenarnya ini sedikit banyak kita akan berhubungan dengan konsep bentuk aljabar. Karena kompleksnya dan sangat bervariasinya bentuk soal, maka materi satu ini menjadi salah satu materi yang tergolong susah. Melalui postingan ini semoga kalian yang kesulitan atau membutuhkan soal dan pembahasan tentang pangkat tak sebenarnya dapat berguna. Semoga bermanfaat!
Monday, 10 October 2016
Kisah Inspiratif Dibalik UN matematika 2016
Kebanyakan dari kita, berpikir bahwa siswa yang berprestasi dalam bidang akademik bagaikan sebuah mutiara yang terpendam. Siswa tersebut dapat membanggakan kedua orang tuanya, membawa nama baik sekolahnya, dan menjadi buah bibir di khalayak umum. Tidak heran, jika di sekolah terdapat siswa yang memiliki kelebihan dalam hal akademik, mereka sangat mengopeni sekali siswa tersebut dan selalu memberikan fasilitas lebih kepada mereka. Kenyataan tersebut yang kemudian menggiring opini publik bahwa sekolah yang baik jika sekolah tersebut menghasilkan siswa yang berprestasi dalam bidang akademik.
Realitanya, di sekolah manapun pasti terdapat pula siswa yang kurang berprestasi seperti kurang memiliki minat belajar, sering mendapat remidi, prestasi akademik rendah, atau sering membuat onar di dalam kelas. Yang kemudian menjadi pertanyaan, bagaimana kita menyikapi siswa yang seperti demikian? Apakah membiarkannya begitu saja atau menegur dan memarahinya terus-menerus? Tentu saja tidak demikian. Kita sebagai seorang pendidik tentu harus bersikap adil, proporsional, dan bijaksana. Karena siswa demikian memang membutuhkan perhatian yang ekstra. Selain itu siswa tersebut tidak selamanya tidak berprestasi. Salah satu contoh siswa tersebut adalah murid kelas 9 penulis.
Sebut saja namanya adalah Rio, dia adalah salah satu siswa di sekolah tempat penulis mengajar. Sehari-hari, Rio dikenal sebagai anak yang baik dan hampir tidak pernah melakukan pelanggaran sekolah atau asrama. Akan tetapi Rio adalah anak yang memiliki kekurangan dalam bidang akademik, terutama pelajaran matematika. Parahnya lagi dia termasuk lima besar siswa dengan kemampuan matematika yang kurang di angkatannya. Dalam kegiatan belajar mengajar matematika, yang dapat dia lakukan hanya dapat mencatat soal latihan yang sudah dibahas didepan kelas, karena dia sama sekali tidak paham mengenai maksud dari pelajaran tersebut.
Yang membuat penulis cukup apresiasi kepada Rio, meskipun dia tidak bisa matematika dia tidak menunjukkan ekspresi negatif akan pelajaran tersebut. Hal tersebut terlihat ketika penulis memberikan tugas matematika, dia tidak pernah mengabaikannya. Dia selalu mengumpulkan tugas tersebut tepat pada waktunya. Bahkan, ketika penulis mengumumkan daftar siswa yang belum mengikuti remidial atau siswa yang belum mengumpulkan tugas di akhir semester, dia tidak pernah masuk kedalam daftar tersebut dikarenakan rajinnya dalam mengumpulkan tugas dan aktifnya dia mengikuti kegiatan remidial.
Ujian Akhir Nasional 2016 semakin dekat, kulihat ada yang berbeda dari Rio. Jika biasanya dia terlihat aktif, akhir-akhir ini dia semangatnya mulai menurun. Beberapa kali dia tercatat absen ketika kegiatan pembelajaran. Selain itu, ketika pada try out ke 9 dia kedapatan penulis mencontek ketika mata pelajaran matematika. Melihat hal tersebut penulis berusaha mendekatinya. Penulis mencoba menanyakan alasan mengapa dia mencontek. Kemudian dia menjelaskan bahwa dia begitu tertekan dengan atmosfir ujian. Ujian seakan-akan menekan dan menghantui dirinya yang sangat kurang dalam mata pelajaran matematika. Dia mengatakan bahwa dia juga ingin mendapatkan nilai matematika yang layak seperti temannya. Setelah mendengar semua itu, penulis kemudian memberinya sebuah nasehat.
"Kecemasan dalam ketika akan menghadapi ujian adalah sebuah modal yang besar untuk sukses dalam ujian tersebut. Mengapa demikian, karena melalui kecemasan itu kita jadi merasa bahwa kita adalah bagian dari hal tersebut, sehingga kita akan berusaha lebih keras untuk menggapainya. Untuk masalah kekurangan dalam matematika itu bukanlah alasan kita untuk menyerah, karena kelemahan yang ada pada diri kita sebenarnya sebuah potensi besar dan sebagai bentuk kasih sayang Allah kepada kita. Kekurangan tersebut membuat kita memiliki spirit dan kemauan keras untuk selalu berdoa yang jauh lebih besar daripada orang lain untuk melawan kekurangan kita tersebut. Spirit kita dan doa kita itu adalah sebuah kelebihan melebihi kecerdasan ataupun lainnya. Maka, jika terdapat tembok yang kokoh dihadapmu kamu harus pukul tembok tersebut hingga hancur."
Setelah mendengar penjelasan penulis, diapun mengangguk dan terdiam.
Seminggu sebelum ujian nasional Rio meminta les kepada penulis. Dalam les tersebut dia terlihat antusias dan serius, meskipun kadang-kadang dia mengeluhkan akan tensi ujian yang menyiksanya. Maklum Rio adalah siswa SMP yang masih labih seperti halnya siswa SMP lainnya. Selain itu dia juga berusaha mengulang pelajaran tersebut malam harinya hingga pukul 23.30, meskipun esoknya dia harus bangun pukul 04.00 untuk sholat shubuh. Kesemuanya itu kuketahui dari teman-temannya. Sehari sebelum UN penulis berjanji kepada Rio akan mentraktir bulgogi (makanan Jepang) jika dia berhasil mendapatkan nilai minimal 8,00. Dal hati penulis sempat berkata mungkin peluangnya cukup kecil untuk mendapatkannya mengingat 3 tahun terakhir soal UN matematika memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi.
Kuasa Allah memang mengalahkan segalanya, termasuk prediksi dan perhitungan manusia. Hari yang dinanti nantipun tiba, yakni hari pengumuman hasil ujian nasional 2016. Ketika mendengar pengumuman UN telah sampai ke sekolah, penulis bergegas melihatnya. dari daftar tersebut, nama pertama yang kulihat bukanlah nama siswa yang selalu mendapatkan nilai 10 ketika try out matematika, namun Rio. Begitu terkejut sekaligus senang ketika melihat skor 8.25 untuk mata pelajaran matematika. Terkejut karena masih tidak percaya bahwa Rio dapat memperoleh nilai setinggi itu dan senang karena akhirnya penulis dapat membuktikan bahwa siswa yang tidak bisapun juga dapat berhasil. Dari kejadian ini, penulis semakin yakin bahwa kesuksesan itu bukan hanya dimiliki oleh orang yang pandai, kuat, atau memiliki potensi lainnya. Namun kesuksesan terjadi jika kita mau berdoa bersungguh sungguh dan mau menghancurkan tembok terjal dalam dirinya. Don't Stop Until You Hit The Wall!!!
Realitanya, di sekolah manapun pasti terdapat pula siswa yang kurang berprestasi seperti kurang memiliki minat belajar, sering mendapat remidi, prestasi akademik rendah, atau sering membuat onar di dalam kelas. Yang kemudian menjadi pertanyaan, bagaimana kita menyikapi siswa yang seperti demikian? Apakah membiarkannya begitu saja atau menegur dan memarahinya terus-menerus? Tentu saja tidak demikian. Kita sebagai seorang pendidik tentu harus bersikap adil, proporsional, dan bijaksana. Karena siswa demikian memang membutuhkan perhatian yang ekstra. Selain itu siswa tersebut tidak selamanya tidak berprestasi. Salah satu contoh siswa tersebut adalah murid kelas 9 penulis.
Sebut saja namanya adalah Rio, dia adalah salah satu siswa di sekolah tempat penulis mengajar. Sehari-hari, Rio dikenal sebagai anak yang baik dan hampir tidak pernah melakukan pelanggaran sekolah atau asrama. Akan tetapi Rio adalah anak yang memiliki kekurangan dalam bidang akademik, terutama pelajaran matematika. Parahnya lagi dia termasuk lima besar siswa dengan kemampuan matematika yang kurang di angkatannya. Dalam kegiatan belajar mengajar matematika, yang dapat dia lakukan hanya dapat mencatat soal latihan yang sudah dibahas didepan kelas, karena dia sama sekali tidak paham mengenai maksud dari pelajaran tersebut.
Yang membuat penulis cukup apresiasi kepada Rio, meskipun dia tidak bisa matematika dia tidak menunjukkan ekspresi negatif akan pelajaran tersebut. Hal tersebut terlihat ketika penulis memberikan tugas matematika, dia tidak pernah mengabaikannya. Dia selalu mengumpulkan tugas tersebut tepat pada waktunya. Bahkan, ketika penulis mengumumkan daftar siswa yang belum mengikuti remidial atau siswa yang belum mengumpulkan tugas di akhir semester, dia tidak pernah masuk kedalam daftar tersebut dikarenakan rajinnya dalam mengumpulkan tugas dan aktifnya dia mengikuti kegiatan remidial.
Ujian Akhir Nasional 2016 semakin dekat, kulihat ada yang berbeda dari Rio. Jika biasanya dia terlihat aktif, akhir-akhir ini dia semangatnya mulai menurun. Beberapa kali dia tercatat absen ketika kegiatan pembelajaran. Selain itu, ketika pada try out ke 9 dia kedapatan penulis mencontek ketika mata pelajaran matematika. Melihat hal tersebut penulis berusaha mendekatinya. Penulis mencoba menanyakan alasan mengapa dia mencontek. Kemudian dia menjelaskan bahwa dia begitu tertekan dengan atmosfir ujian. Ujian seakan-akan menekan dan menghantui dirinya yang sangat kurang dalam mata pelajaran matematika. Dia mengatakan bahwa dia juga ingin mendapatkan nilai matematika yang layak seperti temannya. Setelah mendengar semua itu, penulis kemudian memberinya sebuah nasehat.
"Kecemasan dalam ketika akan menghadapi ujian adalah sebuah modal yang besar untuk sukses dalam ujian tersebut. Mengapa demikian, karena melalui kecemasan itu kita jadi merasa bahwa kita adalah bagian dari hal tersebut, sehingga kita akan berusaha lebih keras untuk menggapainya. Untuk masalah kekurangan dalam matematika itu bukanlah alasan kita untuk menyerah, karena kelemahan yang ada pada diri kita sebenarnya sebuah potensi besar dan sebagai bentuk kasih sayang Allah kepada kita. Kekurangan tersebut membuat kita memiliki spirit dan kemauan keras untuk selalu berdoa yang jauh lebih besar daripada orang lain untuk melawan kekurangan kita tersebut. Spirit kita dan doa kita itu adalah sebuah kelebihan melebihi kecerdasan ataupun lainnya. Maka, jika terdapat tembok yang kokoh dihadapmu kamu harus pukul tembok tersebut hingga hancur."
Setelah mendengar penjelasan penulis, diapun mengangguk dan terdiam.
Seminggu sebelum ujian nasional Rio meminta les kepada penulis. Dalam les tersebut dia terlihat antusias dan serius, meskipun kadang-kadang dia mengeluhkan akan tensi ujian yang menyiksanya. Maklum Rio adalah siswa SMP yang masih labih seperti halnya siswa SMP lainnya. Selain itu dia juga berusaha mengulang pelajaran tersebut malam harinya hingga pukul 23.30, meskipun esoknya dia harus bangun pukul 04.00 untuk sholat shubuh. Kesemuanya itu kuketahui dari teman-temannya. Sehari sebelum UN penulis berjanji kepada Rio akan mentraktir bulgogi (makanan Jepang) jika dia berhasil mendapatkan nilai minimal 8,00. Dal hati penulis sempat berkata mungkin peluangnya cukup kecil untuk mendapatkannya mengingat 3 tahun terakhir soal UN matematika memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi.
Kuasa Allah memang mengalahkan segalanya, termasuk prediksi dan perhitungan manusia. Hari yang dinanti nantipun tiba, yakni hari pengumuman hasil ujian nasional 2016. Ketika mendengar pengumuman UN telah sampai ke sekolah, penulis bergegas melihatnya. dari daftar tersebut, nama pertama yang kulihat bukanlah nama siswa yang selalu mendapatkan nilai 10 ketika try out matematika, namun Rio. Begitu terkejut sekaligus senang ketika melihat skor 8.25 untuk mata pelajaran matematika. Terkejut karena masih tidak percaya bahwa Rio dapat memperoleh nilai setinggi itu dan senang karena akhirnya penulis dapat membuktikan bahwa siswa yang tidak bisapun juga dapat berhasil. Dari kejadian ini, penulis semakin yakin bahwa kesuksesan itu bukan hanya dimiliki oleh orang yang pandai, kuat, atau memiliki potensi lainnya. Namun kesuksesan terjadi jika kita mau berdoa bersungguh sungguh dan mau menghancurkan tembok terjal dalam dirinya. Don't Stop Until You Hit The Wall!!!
Pembahasan Uji Coba KMNR 12 Kelas 7-8
Assalamualaikum matholic semua!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi tentang pembahasan uji coba KMNR 12 kelas 7-8 yang telah selesai dilaksanakan serentak pada tanggal 29 September 2016. Semoga bermanfaat!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi tentang pembahasan uji coba KMNR 12 kelas 7-8 yang telah selesai dilaksanakan serentak pada tanggal 29 September 2016. Semoga bermanfaat!
Sunday, 9 October 2016
Soal Persamaan Lingkaran Yang Sulit
Asssalamualaikum matholic, mungkin rekan rekan semua bertanya mengapa judul diatas diberi nama ''sulit''? Hal ini dikarenakan untuk menyelesaikan soal tersebut diperlukan 4 langkah menyelesaikannya. Penasaran dan tidak percaya? Langsung saja kita selami.
Saturday, 8 October 2016
Soal UTS Matematika Kelas 9 Tahun 2016
Assalamualaikum matholic semua!
Pada postingan kali ini, penulis ingin berbagi soal UTS matematika kelas 9, sebagai acuan belajar kalian semua. Semoga bermanfaat! Soal dapat diunduh disini
Pada postingan kali ini, penulis ingin berbagi soal UTS matematika kelas 9, sebagai acuan belajar kalian semua. Semoga bermanfaat! Soal dapat diunduh disini
Tuesday, 20 September 2016
Cara menentukan Banyak Diagonal Pada Bangun Datar Segi-n
Assalamualaikum matholic semua!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi mengenai bagaimana menentukan banyaknya diagonal pada bangun datar segi-n. Penasaran? Langsung saja kita bahas sekarang. Semoga bermanfaat!
Untuk menentukan banyaknya diagonal tersebut, tidak ada salahnya kita tentukan banyak diagonal dari bangun datar segi-4 yang merupakan bangun datar dengan diagonal paling sedikit (segitiga tidak memiliki diagonal)
Segiempat
Perhatikan gambar di bawa ini!
Berdasarkan gambar tersebut diketahui bahwa banyak diagonal pada
terdapat 1 diagonal yang berasal dari titik A, yakni AC
terdapat 1 diagonal yang berasal dari titik B, yakni BD
Sehingga banyak diagonal adalah 1+1=2.
Segilima
Perhatikan gambar di bawah ini!
Berdasarkan gambar diatas,
terdapat 2 diagonal yang berasal dari titik A, yakni AC dan AD
terdapat 2 diagonal yang berasal dari titik B, yakni BD dan BE
terdapat 1 diagonal yang berasal dari titik C, yakni CE
Sehingga banyak diagonal adalah 2+2+1 = 5.
Segienam
Perhatikan gambar di bawah ini!
Berdasarkan gambar diatas,
terdapat 3 diagonal yang berasal dari titik A, yakni AC, AD dan AE
terdapat 3 diagonal yang berasal dari titik B, yakni BD, BE, dan BF
terdapat 2 diagonal yang berasal dari titik C, yakni CE dan CF
terdapat 1 diagonal yang berasal dari titik D, yakni DF
Sehingga banyak diagonal adalah 3+3+2+1=9.
Segitujuh
Perhatikan gambar dibawah ini!
Berdasarkan gambar diatas,
terdapat 4 diagonal yang berasal dari titik A, yakni AC, AD, AE, dan AF
terdapat 4 diagonal yang berasal dari titik B, yakni BD, BE, BF, BG
terdapat 3 diagonal yang berasal dari titik C, yakni CE dan CF
terdapat 2 diagonal yang berasal dari titik D, yakni DF dan DG
terdapat 1 diagonal yang berasal dari titik E, yakni EG
Sehingga banyak diagonal adalah 4+4+3+2+1= 14.
Segi-n
Berdasarkan informasi diatas, didapat pola bahwa untuk segi-n
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi mengenai bagaimana menentukan banyaknya diagonal pada bangun datar segi-n. Penasaran? Langsung saja kita bahas sekarang. Semoga bermanfaat!
Untuk menentukan banyaknya diagonal tersebut, tidak ada salahnya kita tentukan banyak diagonal dari bangun datar segi-4 yang merupakan bangun datar dengan diagonal paling sedikit (segitiga tidak memiliki diagonal)
Segiempat
Perhatikan gambar di bawa ini!
Berdasarkan gambar tersebut diketahui bahwa banyak diagonal pada
terdapat 1 diagonal yang berasal dari titik A, yakni AC
terdapat 1 diagonal yang berasal dari titik B, yakni BD
Sehingga banyak diagonal adalah 1+1=2.
Segilima
Perhatikan gambar di bawah ini!
Berdasarkan gambar diatas,
terdapat 2 diagonal yang berasal dari titik A, yakni AC dan AD
terdapat 2 diagonal yang berasal dari titik B, yakni BD dan BE
terdapat 1 diagonal yang berasal dari titik C, yakni CE
Sehingga banyak diagonal adalah 2+2+1 = 5.
Segienam
Perhatikan gambar di bawah ini!
Berdasarkan gambar diatas,
terdapat 3 diagonal yang berasal dari titik A, yakni AC, AD dan AE
terdapat 3 diagonal yang berasal dari titik B, yakni BD, BE, dan BF
terdapat 2 diagonal yang berasal dari titik C, yakni CE dan CF
terdapat 1 diagonal yang berasal dari titik D, yakni DF
Sehingga banyak diagonal adalah 3+3+2+1=9.
Segitujuh
Perhatikan gambar dibawah ini!
Berdasarkan gambar diatas,
terdapat 4 diagonal yang berasal dari titik A, yakni AC, AD, AE, dan AF
terdapat 4 diagonal yang berasal dari titik B, yakni BD, BE, BF, BG
terdapat 3 diagonal yang berasal dari titik C, yakni CE dan CF
terdapat 2 diagonal yang berasal dari titik D, yakni DF dan DG
terdapat 1 diagonal yang berasal dari titik E, yakni EG
Sehingga banyak diagonal adalah 4+4+3+2+1= 14.
Segi-n
Berdasarkan informasi diatas, didapat pola bahwa untuk segi-n
Monday, 19 September 2016
Skor Latihan Soal Barisan dan Deret Online
Pada tanggal 8 Agustus 2016 kemarin penulis memposting latihan soal barisan dan deret secara online. Penulis mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dalam mengerjakan soal online tersebut, sebagai bahan evaluasinya berikut ini adalah skor yang kalian peroleh!
No | Tanggal Pengerjaan | Nama | Kelas | Nilai |
1 | 06/09/2016 12.59 | Pikachu | 9 | 0 |
2 | 06/09/2016 12.59 | KemalNashrDwiPutra | 9 | 0 |
3 | 06/09/2016 13.50 | KEMAL | 9 | 67 |
4 | 06/09/2016 13.51 | 75 | ||
5 | 06/09/2016 13.52 | SNORLAX | 9 | 83 |
6 | 06/09/2016 13.52 | alfito | 9 | 83 |
7 | 06/09/2016 13.52 | snorlax | 9 | 83 |
8 | 06/09/2016 13.52 | Muhammad Faiz adzhar | 9 | 83 |
9 | 06/09/2016 13.52 | Putri ulvia | 9 | 75 |
10 | 06/09/2016 13.52 | 9 | 75 | |
11 | 06/09/2016 20.56 | alfito | 9 | 83 |
12 | 14/09/2016 13.57 | ZHEV | 9 | 10 |
13 | 18/09/2016 18.59 | Darmawan | 8 | 33 |
Uji Coba UTS Matematika Kelas 9 SMP
Assalamualaikum matholic semua! Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi mengenai soal latihan kelas 9 sebagai bahan belajar mempersiapkan ulangan tengah semester ganjil. Semoga bermanfaat! Atau dapat diunduh disini .
Perhitungan Sisa Menggunakan Teorema Euler
Assalamualaikum matholic semua!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi materi mengenai perhitungan sisa dengan menggunakan teorema euler. Teorema euler adalah salah satu teorema yang digunakan dalam perhitungan sisa pembagian bilangan berpangkat yang cukup besar. Melalui teorema ini kita dapat menentukan sisa pembagian tersebut dengan mudah dan tanpa menggunakan alat hitung.Semoga bermanfaat! Selengkapnya dapat diunduh disini .
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi materi mengenai perhitungan sisa dengan menggunakan teorema euler. Teorema euler adalah salah satu teorema yang digunakan dalam perhitungan sisa pembagian bilangan berpangkat yang cukup besar. Melalui teorema ini kita dapat menentukan sisa pembagian tersebut dengan mudah dan tanpa menggunakan alat hitung.Semoga bermanfaat! Selengkapnya dapat diunduh disini .
Tuesday, 23 August 2016
Soal dan Pembahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung
Assalamualaikum matholic semua!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi soal latihan mengenai bangun ruang sisi lengkung yang merupakan bagian dari metari kelas 9 SMP. Sebagai bonus penulis juga memberikan pembahasannya agar lebih mudah digunakan untuk belajar. Semoga bermanfaat! Untuk file dapat diunduh disini .
Soal 1
Soal 2
Soal 3
Soal 5
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi soal latihan mengenai bangun ruang sisi lengkung yang merupakan bagian dari metari kelas 9 SMP. Sebagai bonus penulis juga memberikan pembahasannya agar lebih mudah digunakan untuk belajar. Semoga bermanfaat! Untuk file dapat diunduh disini .
Soal 1
Soal 2
Soal 3
Soal 4
Friday, 19 August 2016
Olimpiade AMPHIBI 2016
Assalamualaikum matholic semua!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin menginfokan olimpiade AMPHIBI 2016. Olimpiade AMPHIBI 2016 merupakan kelanjutan dari Olimpiade AMFIBI 2013 , dan Olimpiade Matematika AMFIBI 2014 yang ditujukan untuk siswa SMP/MTs. Pada Olimpiade AMPHIBI kali ini dikemas lebih menarik dengan soal-soal yang lebih menantang. Penasaran? Buruan daftar!
Untuk info dan pendaftaran dapat klik disini .
Pada kesempatan kali ini penulis ingin menginfokan olimpiade AMPHIBI 2016. Olimpiade AMPHIBI 2016 merupakan kelanjutan dari Olimpiade AMFIBI 2013 , dan Olimpiade Matematika AMFIBI 2014 yang ditujukan untuk siswa SMP/MTs. Pada Olimpiade AMPHIBI kali ini dikemas lebih menarik dengan soal-soal yang lebih menantang. Penasaran? Buruan daftar!
Untuk info dan pendaftaran dapat klik disini .
Thursday, 18 August 2016
Mengajar Matematika Gaya Kinestetik
Matematika merupakan sebuah salah satu pelajaran yang bersifat sangat formal, dimana setiap pengerjaannya diperlukan prosedur yang benar dan disertai teori-teori yang mendukung pengerjaannya. Selain itu, matematika memiliki pola berpikir yang bersifat induktif, yaitu pola berpikir yang berawal dari hal yang bersifat umum kemudian menjurus kepada hal yang bersifat khusus menyebabkan dalam penerapannya matematika dianggap sebagai ilmu yang kaku. Hal tersebut kemudian terbawa pada karakter beberapa guru matematika, yakni kaku dalam penyampaiannya dan terkesan menakutkan. Tidak heran jika hingga dahulu sampai sekarang matematika selalu menempati rangking teratas kategori mata pelajaran tersulit dikalangan banyak siswa.
Sebagai bentuk antisipasi akan hal tersebut, kita sebagai pembelajaran (khususnya mata pelajaran matematika) sangat perlu membuat inovasi-inovasi pembelajaran matematika yang membuat siswa termotivasi dan bersemangat belajar pelajaran tersebut, salah satunya adalah mengajar matematika dengan gaya kinestetik. Kinestetik adalah keistimewaan pada orang-orang tertentuyang lebih cepat memahami ilmu atau pelajaran dengan aktivitas dibanding membaca dan menghafal. Melalui gaya pembelajaran kinestetik ini, siswa tidak hanya belajar matematika melalui mencatat atau mengerjakan soal saja, namun siswa dapat beraktifitas fisik, Misalnya dengan pendekatan game, melakukan eksperiment mengenai sebuah objek. Selain itu jika dalam mengajar seorang guru melakukan banyak aktifitas menarik, maka perhatian siswa lebih fokus kan mereka akan lebih jauh dari kata bosan.
Selain itu, dengan kita mengajar dengan gaya kinestetik, siswa merasa lebih nyaman dalam belajar. Hal itu karena ketika guru berpenampilan secara kinestetik yang lebih banyak bergerak, siswa akan merasa bahwa belajar matematika tidak selalu dengan cara yang formal, namun belajar matematika dapat dilakukan secara fleksibel. Jika siswa merasa nyaman dalam mempelajarinya, maka akan mereka dapat berkreasi terhadap pelajaran tersebut, misalnya dengan menemukan cara-cara unik dalam menyelesaikan soal, karena salah satu hal yang selama ini selalu menjadi penghalang kemajuan pembelajaran matematika di Indonesia adalah mindset siswa bahwa menyelesaikan soal itu harus menggunakan rumus dan harus sesuai dengan langkah-langkah yang telah diajarkan oleh guru.
Meskipun demikian, pembelajaran dengan gaya kinestetik bukanlah satu-satunya pembelajaran yang sesuai untuk siswa. Salah satu kekurangan dalam pembelajaran kinestetik adalah dalam satu kelas biasanya terdapat siswa yang memiliki gaya pembelajaran kinestetik. Menurut pengalaman penulis ketika mengajar, sebagian kecil dari siswa kesulitan kesulitan dalam memahami pelajaran. Kebiasaan mereka yang selalu mendengarkan dan mencatat apa yang telah dituliskan guru di papan tulis, membuat mereka kesulitan dalam mencatat maupun memahami maksud yang disampaikan oleh seorang guru.
Sebagai bentuk antisipasi akan hal tersebut, kita sebagai pembelajaran (khususnya mata pelajaran matematika) sangat perlu membuat inovasi-inovasi pembelajaran matematika yang membuat siswa termotivasi dan bersemangat belajar pelajaran tersebut, salah satunya adalah mengajar matematika dengan gaya kinestetik. Kinestetik adalah keistimewaan pada orang-orang tertentuyang lebih cepat memahami ilmu atau pelajaran dengan aktivitas dibanding membaca dan menghafal. Melalui gaya pembelajaran kinestetik ini, siswa tidak hanya belajar matematika melalui mencatat atau mengerjakan soal saja, namun siswa dapat beraktifitas fisik, Misalnya dengan pendekatan game, melakukan eksperiment mengenai sebuah objek. Selain itu jika dalam mengajar seorang guru melakukan banyak aktifitas menarik, maka perhatian siswa lebih fokus kan mereka akan lebih jauh dari kata bosan.
Selain itu, dengan kita mengajar dengan gaya kinestetik, siswa merasa lebih nyaman dalam belajar. Hal itu karena ketika guru berpenampilan secara kinestetik yang lebih banyak bergerak, siswa akan merasa bahwa belajar matematika tidak selalu dengan cara yang formal, namun belajar matematika dapat dilakukan secara fleksibel. Jika siswa merasa nyaman dalam mempelajarinya, maka akan mereka dapat berkreasi terhadap pelajaran tersebut, misalnya dengan menemukan cara-cara unik dalam menyelesaikan soal, karena salah satu hal yang selama ini selalu menjadi penghalang kemajuan pembelajaran matematika di Indonesia adalah mindset siswa bahwa menyelesaikan soal itu harus menggunakan rumus dan harus sesuai dengan langkah-langkah yang telah diajarkan oleh guru.
Meskipun demikian, pembelajaran dengan gaya kinestetik bukanlah satu-satunya pembelajaran yang sesuai untuk siswa. Salah satu kekurangan dalam pembelajaran kinestetik adalah dalam satu kelas biasanya terdapat siswa yang memiliki gaya pembelajaran kinestetik. Menurut pengalaman penulis ketika mengajar, sebagian kecil dari siswa kesulitan kesulitan dalam memahami pelajaran. Kebiasaan mereka yang selalu mendengarkan dan mencatat apa yang telah dituliskan guru di papan tulis, membuat mereka kesulitan dalam mencatat maupun memahami maksud yang disampaikan oleh seorang guru.
Tuesday, 16 August 2016
Soal Latihan UTS Matematika Kelas 9
Assalamualaikum matholic semua! Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi mengenai soal latihan ulangan tengah semester ganjil matematika kelas 9. Soal ini penulis ambilkan dari soal ulangan tengah semester tahun lalu tempat penulis mengajar. Semoga soal ini bermanfaat sebagai latihan. Semoga bermanfaat! Soal dapat diunduh disini.
Monday, 15 August 2016
Cara Menentukan Penyelesaian dari Pertidaksamaan Aljabar
Assalamualaikum matholic semuanya!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi mengenai bagaimana cara menentukan penyelesaian dari sebuah pertidaksamaan aljabar secara mudah, karena selama ini pertidaksamaan aljabar merupakan salah satu materi yang agaj membingungkan. Semoga bermanfaat!
Tentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan
Penyelesaian:
Untuk menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan tersebut kita harus perhatikan langkah-langkah berikut ini!
1. Tentukan akar akar dari setiap faktor linearnya
2. Tentukan koefisien dari setiap faktor faktor linearnya
3. Tentukan pangkat dari setiap faktor linearnya
4. Jika koefisien dari faktor-faktor linearnya dipangkatkan dengan pangkat dangan pangkat dari setiap faktor-faktor linearnya, maka diperoleh tanda positif sehingga tanda pada ujung yang paling kanan dari garis bilangan juga positif.
5. Letakkan akar-akar dari setiap faktor linearnya pada garis bilangan. Karena tanda pada ujung
kanan sudah ditentukan, maka tinggal menentukan tanda yang lain sebagai berikut:
Jika pangkat dari faktor linearnya genap, maka tanda berikutnya sama dengan tanda sebelumnya.
Jika pangkat dari faktor linearnya ganjil, maka tanda berikutnya berlawanan tanda dengan
sebelumnya.
Langsung saja kita selesaikan soal diatas,
akar-akar dari setiap faktor linear adalah 1, -2, 3/2, dan -1
koefisien dari setiap faktor linear adalah 1,1, 2, dan 1
pangkat dari setiap faktor linearnya adalah 4,5,6, dan 7
Buatlah garis bilangan berdasarkan faktor-faktornya, sebagai berikut:
Berdasarkan ketentuan pada point 4, Jika koefisien setiap faktor linear dipangkat, maka
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi mengenai bagaimana cara menentukan penyelesaian dari sebuah pertidaksamaan aljabar secara mudah, karena selama ini pertidaksamaan aljabar merupakan salah satu materi yang agaj membingungkan. Semoga bermanfaat!
Tentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan
Penyelesaian:
Untuk menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan tersebut kita harus perhatikan langkah-langkah berikut ini!
1. Tentukan akar akar dari setiap faktor linearnya
2. Tentukan koefisien dari setiap faktor faktor linearnya
3. Tentukan pangkat dari setiap faktor linearnya
4. Jika koefisien dari faktor-faktor linearnya dipangkatkan dengan pangkat dangan pangkat dari setiap faktor-faktor linearnya, maka diperoleh tanda positif sehingga tanda pada ujung yang paling kanan dari garis bilangan juga positif.
5. Letakkan akar-akar dari setiap faktor linearnya pada garis bilangan. Karena tanda pada ujung
kanan sudah ditentukan, maka tinggal menentukan tanda yang lain sebagai berikut:
Jika pangkat dari faktor linearnya genap, maka tanda berikutnya sama dengan tanda sebelumnya.
Jika pangkat dari faktor linearnya ganjil, maka tanda berikutnya berlawanan tanda dengan
sebelumnya.
Langsung saja kita selesaikan soal diatas,
akar-akar dari setiap faktor linear adalah 1, -2, 3/2, dan -1
koefisien dari setiap faktor linear adalah 1,1, 2, dan 1
pangkat dari setiap faktor linearnya adalah 4,5,6, dan 7
Buatlah garis bilangan berdasarkan faktor-faktornya, sebagai berikut:
Berdasarkan ketentuan pada point 4, Jika koefisien setiap faktor linear dipangkat, maka
16= 1 (positif)
15= 1 (positif)
17= 1 (positif)
24= 16 (positif)
maka tanda pada ujung paling kanan dari garis bilangan adalah positif, sebagai berikut:
Berdasarkan ketentuan nomor lima, maka
pangkat dari faktor linear 3/2 adalah 4 (genap), maka tanda setelahnya adalah positif
pangkat dari faktor linear 1 adalah 6 (genap), maka tanda setelahnya adalah positif
pangkat dari faktor linear -1 adalah 5 (ganjil), maka tanda setelahnya adalah negatif
pangkat dari faktor linear -2 adalah 7 (ganjil), maka tanda setelahnya adalah positif
Dapat dilukiskan sebagai berikut:
Berdasarkan garis bilangan diatas, maka penyelesaiannya adalah x < -2 atau x > 1.
Friday, 12 August 2016
Latihan Soal Peluang Online
Assalamualaikum matholic semuanya, pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi mengenai soal latihan peluang SMP secara online sebagai bahan belajar. Namun mohon maaf, untuk hasil pengerjaan kalian saya posting sebualan setelahnya. Semoga bermanfaat! Untuk soal latihan lebih banyak klik disini .
Monday, 8 August 2016
Soal Latihan Online Barisan dan Deret
Assalamualaikum Matholic semua!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi latihan soal mengenai perbandingan. Namun, kali ini kalian dapat mencobanya secara langsung dan hasil pekerjaan kalian akan penulis umumkan sebulan kemudian. Selamat mencoba!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi latihan soal mengenai perbandingan. Namun, kali ini kalian dapat mencobanya secara langsung dan hasil pekerjaan kalian akan penulis umumkan sebulan kemudian. Selamat mencoba!
Soal Latihan Online Barisan dan Deret
Assalamualaikum Matholic semua!
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi latihan soal mengenai perbandingan. Namun, kali ini kalian dapat mencobanya secara langsung dan hasil pekerjaan kalian akan penulis umumkan sebulan kemudian. Selamat mencoba! Sedangkan soal online lebih banyak klik disini
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi latihan soal mengenai perbandingan. Namun, kali ini kalian dapat mencobanya secara langsung dan hasil pekerjaan kalian akan penulis umumkan sebulan kemudian. Selamat mencoba! Sedangkan soal online lebih banyak klik disini
Thursday, 4 August 2016
Soal dan Pembahasan Kesebangunan
Assalamualaikum matholic semuanya!
Pada postingan kali ini penulis ingin berbagi soal dan pembahasan mengenai kesebangunan yang merupakan materi pembelajaran di kelas 9. Semoga bermanfaat!
Pembahasan:
Pembahasan:
Pembahasan:
Pembahasan:
Pembahasan:
Pembahasan:
Pembahasan:
Pada postingan kali ini penulis ingin berbagi soal dan pembahasan mengenai kesebangunan yang merupakan materi pembelajaran di kelas 9. Semoga bermanfaat!
Pembahasan:
Pembahasan:
Pembahasan:
Pembahasan:
Pembahasan:
Pembahasan:
Pembahasan:
Pembahasan:
Untuk soft file soal dapat diunduh disini