Soal Latihan Matematika 1
Soal Latihan Matematika 2
Soal Latihan UTS Kelas 8
Soal Latihan UAS Kelas 8
Mari kita jadikan matematika sebagai pelajaran yang menarik dan menyenangkan...
Pages - Menu
▼
Pages - Menu
▼
Tuesday, 27 May 2014
Olimpiade Matematika Optika 14
Buat kamu yang suka banget dengan matematika, olimpiade ini cocok banget untuk diikuti. Selain menantang, juga melatih kekompakan kalian dalam tim.
Perihal Sebuah Emas
Emas, siapa yang tidak tahu. Sebuah logam murni yang sangat disukai oleh banyak orang, terutama oleh kaum hawa.Mengapa tidak, selain nilai jualnya yang cukup tinggi, emas sangat cocok dibuat sebagai perhiasan dan oleh kebanyakan masyarakat digunakan sebagai alat pengukuran derajat sosial seseorang.
Namun, dibalik itu semua ada hal menarik yang dapat kita pelajari dari emas, yakni emas tidak pernah luntur atau berkarat sekalipun dia berada di lumpur atau sampah terburukpun. Kenyataan seperti ini dapat kita ibaratkan ketika kita menempuh pendidikan di sebuah sekolah.
Monday, 26 May 2014
Benteng Takeshi dan Peluang
Pernah nonton reality show bertajuk kuis yang bernama benteng takeshi? Bagi yang belum pernah denger, okelah saya jelaskan sedikit. Benteng takeshi adalah sebuah kuis jepang yang diikuti oleh 100 peserta. Semua peserta diberi misi untuk menaklukkan benteng takeshi. Karena adalah sebuah kuis, maka untuk sampai ke benteng takeshi tidak mudah, banyak rintangan yang sengaja disiapkan agar peserta tidak dapat sampai ke benteng takeshi.
Salah satu rintangan yang paling menginspirasi saya adalah rintangan terakhir sebelum peserta yang tersisa masuk kedalam benteng takeshi, yakni disediakan enam buah lobang. Dari keenam lobang tersebut terdapat dua lobang yang berisi jebakan berupa 2 orang algojo, sedangkan keempat lobang lainnya adalah lobang yang mengantarkan ke benteng takeshi. Tantangan ini memberi saya inspirasi membat soal peluang sebagai berikut:
Dari keseratus peserta benteng takeshi, tersisa lima orang peserta. Untuk sampai ke benteng takesh,mereka harus memilih 6 lobang, dimana 2 lobang berisi algojo yang menghadang mereka sampai ke benteng takeshi, dan 4 lobang dapat mengantarkan mereka ke benteng takeshi. Berapa peluang dua orang peserta dapat masuk kebenteng takeshi?
Salah satu rintangan yang paling menginspirasi saya adalah rintangan terakhir sebelum peserta yang tersisa masuk kedalam benteng takeshi, yakni disediakan enam buah lobang. Dari keenam lobang tersebut terdapat dua lobang yang berisi jebakan berupa 2 orang algojo, sedangkan keempat lobang lainnya adalah lobang yang mengantarkan ke benteng takeshi. Tantangan ini memberi saya inspirasi membat soal peluang sebagai berikut:
Dari keseratus peserta benteng takeshi, tersisa lima orang peserta. Untuk sampai ke benteng takesh,mereka harus memilih 6 lobang, dimana 2 lobang berisi algojo yang menghadang mereka sampai ke benteng takeshi, dan 4 lobang dapat mengantarkan mereka ke benteng takeshi. Berapa peluang dua orang peserta dapat masuk kebenteng takeshi?
Sunday, 25 May 2014
Latihan Soal Matematika 2
Bagi penggemar GTO 2012 mungkin tahu dengan episode ini.
"Dalam drama GTO 2012 episode 6, diceritakan bahwa Kanzaki, seorang siswi jenius dari SMA Meishu Gakuen membuat heboh semua orang yang berada di stasiun dengan ulahnya. Dia sengaja berdiri diatas rel kereta api. Tak lama kemudian, dari arah selatan datanglah kereta menuju dirinya. Dengan tenangnya dia membentangkan tangannya seolah olah seperti akan mengakhiri hidupnya. Semua orang saat itu panik dan berteriak kearahnya agar dia menghindar. Untungnya, pada saat kereta berjarak sekitar1,5 meter di depannya, kereta berhenti.
Setelah keadaan tenang, dia diintrogasi. dia ditanyai apa alasan dia melakukan hal tersebut? Kemudian dia menjawab dan menjelaskan bahwa apa yang dia lakukan hanya main main dan tidak ada maksud sama sekali untuk bunuh diri. dia juga bilang, jika kecepatan rata-rata kereta menuju stasiun adalah sekian (lupa, hehe) dan ia berdiri pada posisi tersebut, maka peluang untuk tertabrak adalah 0,00001 dengan kata lain mustahil.
Berdasarkan cerita tersebut, berilah komentar atas penjelasan Kanzaki berdasarkan pemahaman kalian mengenai ilmu matematika peluang, agama, dan sosial!
"Dalam drama GTO 2012 episode 6, diceritakan bahwa Kanzaki, seorang siswi jenius dari SMA Meishu Gakuen membuat heboh semua orang yang berada di stasiun dengan ulahnya. Dia sengaja berdiri diatas rel kereta api. Tak lama kemudian, dari arah selatan datanglah kereta menuju dirinya. Dengan tenangnya dia membentangkan tangannya seolah olah seperti akan mengakhiri hidupnya. Semua orang saat itu panik dan berteriak kearahnya agar dia menghindar. Untungnya, pada saat kereta berjarak sekitar1,5 meter di depannya, kereta berhenti.
Setelah keadaan tenang, dia diintrogasi. dia ditanyai apa alasan dia melakukan hal tersebut? Kemudian dia menjawab dan menjelaskan bahwa apa yang dia lakukan hanya main main dan tidak ada maksud sama sekali untuk bunuh diri. dia juga bilang, jika kecepatan rata-rata kereta menuju stasiun adalah sekian (lupa, hehe) dan ia berdiri pada posisi tersebut, maka peluang untuk tertabrak adalah 0,00001 dengan kata lain mustahil.
Berdasarkan cerita tersebut, berilah komentar atas penjelasan Kanzaki berdasarkan pemahaman kalian mengenai ilmu matematika peluang, agama, dan sosial!
Tentang saya
Sebelumnya, saya adalah Bagoes Darmawan, biasa dipanggil Bagas. Saya adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Saat ini, penulis tinggal di Kota Malang dan bekerja sebagai guru di SMP Al Maahira IIBS Malang sebagai guru matematika. Selain sebagai guru, saya juga aktif dalam kegiatan pembinaan olimpiade matematika.
Dua Penjelajah dan Nenek Tua
Dikisahkan dua orang penjelajah sedang menempuh perjalanan ke suatu tempat. Ketika sekian lama berjalan, mereka melihat sebuah pondok kecil. Mereka kemudian menghampiri pondok tersebut bermaksud untuk meminta ijin singgah sebentar melepas lelah. Diketuklah pintu tiga kali dan tidak lama kemudian keluarlah seorang perempuan yang sudah tidak muda lagi.
Setelah menjelaskan maksud kedatangannya, si nenek mempersilahkan kedua orang penjelajah tersebut singgah. Melihat kondisi keduanya sangat lelah, sang nenek menyuguhi makanan dan minuman. Beberapa saat kemudian, keduanya pamit karena dirasa sudah cukup. Sebelum memulai perjalanan, sang nenek memberikan bekal kepada mereka berdua. Namun bekal sang nenek adalah sesuatu yang tidak biasa dan dirasa aneh.
Setelah menjelaskan maksud kedatangannya, si nenek mempersilahkan kedua orang penjelajah tersebut singgah. Melihat kondisi keduanya sangat lelah, sang nenek menyuguhi makanan dan minuman. Beberapa saat kemudian, keduanya pamit karena dirasa sudah cukup. Sebelum memulai perjalanan, sang nenek memberikan bekal kepada mereka berdua. Namun bekal sang nenek adalah sesuatu yang tidak biasa dan dirasa aneh.
Pembahasan Soal Latihan 1
Soal:
Mobil adalah angkutan yang sangat cocok digunakan bepergian bersama keluarga, terutama pada waktu liburan lebaran. Hal ini dikarenakan mobil bersifat fleksibel, karena dapat berhenti sewaktu-waktu. Selain itu, dengan menggunakan mobil kita terbebas dari antrean panjang untuk membeli tiket kereta api lebaran.
Mobil adalah angkutan yang sangat cocok digunakan bepergian bersama keluarga, terutama pada waktu liburan lebaran. Hal ini dikarenakan mobil bersifat fleksibel, karena dapat berhenti sewaktu-waktu. Selain itu, dengan menggunakan mobil kita terbebas dari antrean panjang untuk membeli tiket kereta api lebaran.
Misalkan warga kampung “hebring” ingin mudik bersama ke Jogja dengan menggunakan merek mobil X. Jika setiap mobil diisi dengan 6 orang, termasuk supir,maka ada dua orang tidak dapat masuk mobil. Namun, jika setiap mobil diisi oleh tujuh orang, maka dua mobil tidak digunakan. Banyak mobil dan banyak warga kampung "Hebring" adalah ....
Penyelesaian:
Misal banyak mobil yang digunakan adalah x, maka banyak warga kampung "Hebring" dapat dinyatakan sebagai berikut:
Kalimat pertama
"Jika setiap mobil diisi dengan 6 orang, termasuk supir,maka ada dua orang tidak dapat masuk mobil"
6x+2 (+2 dikarenakan 2 orang tidak dapat masuk mobil).
Kalimat kedua
"jika setiap mobil diisi oleh tujuh orang, maka dua mobil tidak digunakan"
7(x-1) (x-1 dikarenakan 1 mobil tidak terpakai maka mobilnya berkurang satu).
Karena kedua kalimat tersebut sama sama menyatakan banyak warga kampung"Hebring", maka:
6x+2 = 7(x-1)
6x+2 = 7x-7
6x-7x = -7-2
-x = -9
x = 9
Banyak mobil yang digunakan adalah 9
Untuk menentukan banyak warga kampung "Hebring", kita dapat mensubstitusikan x=9 kedalam kalimat pertama atau kalimat kedua, maka:
6x+2 = 6.9+2
= 54+2
= 56
Sehingga, banyak warga kampung "Hebring" adalah 56 orang.
Cara Mengelola Kelas
Pada postingan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman dan berharap dapat bertukar pengalaman juga dengan pembaca sekalian mengenai bagaimana mengelola kelas. Mengelola kelas merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar. Baik atau buruknya pengelolaan kelas dapat mempengaruhi, motivasi siswa, kedisiplinan, ketertiban, yang pada akhirnya berimbas pada prestasi akademik dan non akademik.
Saturday, 24 May 2014
Sehari di Gerbong Ekonomi
Aku kaget begitu mendengar sapaan yang terdengar cukup keras di tengah kesibukan yang baru saja dimulai di sebuah kompleks stasiun kereta di daerahku, saat aku tengah berdiri seorang diri tepat di depan bangunan tua berarsitektur kuno bercat hijau muda ini. Kepalaku kini sibuk mencari-cari asal suara itu. Sekilas, kutemui seseorang dengan senyum lebarnya berlari ke arahku dengan melambai-lambai,mengisyaratkanku kalau dia orang yang aku cari pagi ini.
Friday, 23 May 2014
Pembelajaran Matematika Open Ended Tentang Peluang
Mungkin bagi kebanyakan orang, matematika diartikan sebagai ilmu yang eksak dimana jawaban atau penyelesaian atas soalnya pasti dan harus benar. Hal tersebut sangat mempengaruhi pola berpikir kita dalam pembelajaran matematika. Kebanyakan kita sebagai guru sering mengajar matematika dengan cara memberikan materi matematika berupa rumus-rumus dan simbol-simbol,kemudian memberikan siswa soal latihan sebagai bahan evaluasinya atau siswa diminta menghafalkan rumus kemudian diminta mengerjakan soal untuk menguji pemahaman siswa.
Apakah Untuk Kompetisi Matematika Memerlukan Guru yang Ahli?
Wednesday, 21 May 2014
Latihan Soal Matematika 1
Pada postingan kali ini, penulis ingin mengajak diskusi mengenai soal persamaan linier satu variabel dalam bentuk pemecahan masalah, semoga bermanfaat!
Mobil adalah angkutan yang sangat cocok digunakan bepergian bersama
keluarga, terutama pada waktu liburan lebaran. Hal ini dikarenakan mobil
bersifat fleksibel, karena dapat berhenti sewaktu-waktu. Selain itu, dengan
menggunakan mobil kita terbebas dari antrean panjang untuk membeli tiket
kereta api lebaran.
Misalkan warga kampung “hebring” ingin mudik bersama ke Jogja dengan
menggunakan merek mobil X. Jika setiap mobil diisi dengan 6 orang, termasuk
supir,maka ada dua orang tidak dapat masuk mobil. Namun, jika setiap mobil
diisi oleh tujuh orang, maka dua mobil tidak digunakan. Banyak mobil dan
banyak penumpang adalah ....
|
Trik Mengajarkan Materi Relasi dan Fungsi SMP
By: Bagoes Darmawan, S.Pd
Relasi dan fungsi merupakan pelajaran baru bagi siswa yang duduk di bangku SMP. Hal ini dikarenakan pada pendidikan sekolah dasar, materi ini belum diajarkan. Karena materi ini merupakan hal baru bagi siswa, maka tidak heran jika banyak siswa yanga mengalami kesulitan untuk memahami materi ini di kelas.Berikut ini dalah beberapa trik berdasarkan pengalaman mengajar saya yang mungkin dapat anda coba ketika anda mengajarkan relasi atau fungsi di bangku SMP.
Realitas Dari Dorama Dragon Zakura
Sekilas ketika saya membaca judul dari film ini dalam benak saya adalah film bertemakan tokusatsu (film laga). Kemudian saya berniat untuk mengunduhnya, meskipun butuh kesabaran untuk mengunduhnya. Setelah selesai mengunduh satu episode, tidak sabar saya untuk menontonnya. Ternyata, bukan film tokusatsu, melainkan drama jepang bertemakan pendidikan. Kecewa juga sih, tapi kucoba tonton dulu, mengingat mengunduhnya perlu kesabaran tingkat tinggi, hehehe. Namun, semakin jauh saya menontonnya, semakin tertarik akan film satu ini dan berniat mendownload film ini hingga habis.
BAGAIMANA CARA MENIKMATI KEHIDUPAN
Kata banyak orang, untuk menikmati hidup ga selalu dengan hal-hal yang sifatnya mewah dan fasilitas yang serba ada, namun menikmati hidup dapat juga dilakukan dengan hal-hal yang sifatnya terbatas dan penuh perjuangan, tergantung bagaimana cara kita melihat suatu hal.
Ini adalah salah satu pengalamanku yang tidak terlupakan, yakni pengalaman ketika aku memulai jenjang karirku di dunia pendidikan. Seperti halnya sarjana lain yang baru lulus, aku mencari pekerjaan yang dalam hal ini adalah guru. Pada saat itu, yang kupikrkan adalah melamar pekerjaan, tes, wawancara, kemudian diterima kerja (maklumlah sarjana baru lulus). Aku masukkan beberapa surat lamaranku ke sekolah-sekolah yang aku anggap baik dan dapat mensejahterakan aku. Dengan optimisme yang tinggi, aku selalu berada di dekat telepon setiap harinya untuk menunggu panggilan. Hari-demi hari berlalu dan panggilanpun tidak kunjung tiba.
Belajar Matematika Serasa Bermain Dynasti Warrior
Sering saya ditanya oleh banyak orang tua atau guru, bagaimana membuat pembelajaran matematika itu menarik dan serasa seperti bermain playstation. Dari pertanyaan tersebut, aku kemudian merenung, bagaimana ya caranya.......
Belajar dari Serial Master of Study
Pernah liat drama korea yang berjudul master of study ga?
Wah, nyesel banget jika loh-loh sekalian ga nonton film, karena film ini sangat TOP BGT dan sangat memotivasi banget buat kita para pelajar, mau tahu sinopsisnya, sip, aku ceritain deh!
Serial Master of Study adalah adaptasi dari serial tv Jepang dengan judul Dragon Zakura. Master of Study berkisah tentang Kang Seok Ho, seorang mantan pengacara yang diminta buat menangani sebuah sekolah yang hampir tutup. Setelah melihat kondisi sekolah itu (yang bernama SMA Byeong Mun), Seok Ho tergerak hatinya untuk menyelamatkan sekolah tersebut.
Nggak main-main, Seok Ho memulai rencana besarnya dengan membuat sebuah kelas khusus diamana para siswa yang masuk kelas ini bakal dipersiapkan untuk masuk Universitas Cheonha. Harapannya adalah agar lebih banyak siswa yang mendaftar ke Byeong Mun tiap tahunnya bila melihat lulusannya yang diterima di Cheonha.
The First Experience Be A Homeroom Teacher
Satu tahun telah berlalu semenjak awal tahun ajaran. Banyak hal unik dan menarik yang telah terjadi. Ada senang, sedih, kecewa, marah, puas, dan ekspresi lainnya yang tidak dapat aku sebutkan satu-persatu. Namun demikian, hal itu sangat kunikmati sebagai bagian dari belajarku untuk menjadi Great Motivation Teacher. Salah satu hal yang paling kunikmati adalah ketika menjadi wali kelas atau lebih kerennya dengan istilah “homeroom teacher” di kelas 8D.
Memulai Mengenalkan Konsep Kesebangunan SMP
Kesebangunan merupakan salah satu bagian dari cabang matematika, yaitu geometri. Materi ini sebenarnya sudah dikenalkan kepada siswa di sekolah dasar, namun sangat sederhana sekali, yakni pada konsep skala pada peta. Di SMP, materi ini kembali hadir. Namun konten yang disajikan lebih komplek dan mendalam. Tidak hanya sebatas skala pada peta, pada tingkatan ini siswa dikenalkan bagaimana cara membandingkan dua buah bangun atau lebih yang sebangun berdasarkan syarat kesebangunan.
Yuk, Buat Game Matematika!
Ada kalanya pembelajaran matematika itu serius dan ada kalanya pembelajaran matematika itu santai dan menyenangkan, salah satunya adalah membuat game pembelajaran.