Assalamualaikum teman teman, bertemu lagi dengan saya, Joe. Kita tahu bahwa lingkaran merupakan salah satu materi yang sangat penting, hal ini dikarenakan semua konsep-konsep lingkaran aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai mata pelajaran yang aplikatif, lingkaran diberikan pada semua jenjang sekolah, mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah keatas. Ironisnya, banyak siswa masih mengeluhkan perihal materi lingkaran ini. Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas beberapa soal menarik mengenai lingkaran pada tingkat sekolah menengah pertama kelas 8. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat ya!
Pembahasan:
Berdasarkan yang diketahui pada soal diatas, OC= 20 cm dan CE= 8 cm, maka kita dapat nyatakan sebagai berikut:
Berdasarkan gambar diatas, kita dapat tentukan panjang BE dengan menggunakan rumus phytagoras
Dengan cara serupa kita tentukan nilai dari AE.
Nilai dari AB= BE + AE
AB= 16+16 = 32 cm
Pembahasan:
Berdasarkan soal diatas, jika kita lihat dari berbagai arah maka akan tampak gambar dua buah bangun seperempat lingkaran yang identik sehingga jika kita satukan akan menjadi bangun setengah lingkaran. Karena dua bangun seperempat lingkaran tersebut beberapa bagiannya saling menumpuk, maka untuk menentukan daerah yang diarsir (daerah tumpukannya) kita dapat peroleh dengan mengurangkannya dengan persegi. Sehingga,
Pembahasan:
Untuk menyelesaikan soal diatas, kita perlu membaca baik baik seluruh informasi yang terdapat pada paragraf diatas. Berdasarkan paragraf diatas, terdapat sebuah informasi penting pada paragraf yang kedua, yakni pada kata setelah kita menghitung keliling lingkaran dan diameter lingkaran, kita tentukan nilai phi tersebut dengan membagi keduanya. Maka,
Jadi nilai berdasarkan pengamatan dan perhitungan Tono adalah 3,15
No comments:
Post a Comment