Pages - Menu

Pages - Menu

Tuesday, 31 March 2015

Soal Latihan Transformasi

1.   Perhatikan gambar di bawah ini!











      Jika garis l adalah sumbu simetri, maka persamaan garis l adalah ….

2.   Sebuah segitiga ABC diketahui masing-masing koordinatnya A(2,1), B(4,5), dan C(-1,5) 
      didilatasikan dengan pusat di titik (0,0) dan dengan faktor skala 3. Luas segitiga setelah 
      didilatasikan adalah ....

3.   Misalkan seekor semut diketahui berada pada posisi yang bertanda huruf A, kemudian semut 
      tersebut berjalan lima petak kearah kiri meninggalkan A dan dua belas petak kearah kanan 
      meninggalkan A. Translasi yang sesuai berdasarkan hal tersebut adalah .... 

4.   Diketahui pernyataan-pernyataan sebagai berikut:
      (i).     Rotasi mengubah luas dari sebuah bangun datar
      (ii).    Dilatasi mengubah luas dari sebuah bangun datar
      (iii).   Jika sebuah benda direfleksikan terhadap sebuah sumbu simetri tertentu, ukuran benda 
                tersebut adalah tetap
      (iv),   Translasi mengubah luas dari sebuah bangun datar
      Pernyataan diatas yang benar adalah ....

5.   Titik A (3,-1) ditranslasikan menghasilkan bayangan A'(4,5). Translasi yang sesuai adalah ....

6.   Jika B (-3,-5) ditranslasikan dengan translasi (2 3) menghasilkan bayangan B'(2,-16). 
      Nilai dari x+y adalah ....

7.   Jika A (2,-1) dirotasikan melalui titik pusat dengan rotasi  90menghasilkan bayangan A'(3x,             4y+3), maka selisih dari x dan y adalah ....

8.    Titik L didilatasikan dengan faktor skala -3 menghasilkan L'(-12, 27). Koordinat titik L adalah ....

9.    Titik A ditranslasikan dengan translasi (-1 4) kemudian direfleksikan terhadap garis y=-x 
       menghasilkan bayangan A"(1,3). Koordinat titik A adalah ....

10.  Persamaan garis 2x+3y+6=0 didilatasikan dengan faktor skala k= 4 menghasilkan bayangan .... 

11.  Persamaan garis 2x+3y+6=0 ditranslasikan dengan translasi (3 4 ) menghasilkan bayangan 
       .... 

Siswa "Bermasalah" Belum Tentu "Bermasalah"

Sumber gambar: hanifahatari.wordpress.com
Pernahkah kalian melihat film kartun yang berjudul naruto? Naruto merupakan seorang anak dari sebuah desa ninja yang dianggap sebagai pembawa masalah didesa, pembuat onar, marabahaya, dan lain. Disisi lain, naruto merupakan seorang anak yang memiliki karakter pekerja keras, tidak mudah dan menyerah. Dengan keteguhan hatinya dan kesabaran gurunya dalam mengajari naruto, seiring berjalannya waktu semua penduduk desa menerimanya dan di penghujung cerita dia berhasil menjadi seorang hokage seperti yang dia impi-impikan. 




Monday, 30 March 2015

Soal Latihan Online Persamaan Kuadrat

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas mengenai persamaan kuadrat. Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi mengenai soal latihan tentang persamaan kuadrat. Semoga bermanfaat!



Sunday, 29 March 2015

Just For Fun


Hanya sebagai hibunran saja.
FIGHT. #QuePalizaPapa #LaCabraSeLaBanca #LoMejorEsWorstHeroEver #EspectacularChacalesEspectacular
Posted by Diario Cronica on Tuesday, December 16, 2014

Menentukan persamaan Kuadrat dari Akar-akarnya dan Menyusun Persamaan Kuadrat Baru

Pada pertemuan kali ini, penulis ingin berbagi mengenai bagaimana cara menentukan persamaan kuadrat dari akar-akarnya dan menyusun persamaan kuadrat baru. Namun sebelum itu, perhatikan penjelasan berikut ini!








Friday, 27 March 2015

Diskriminan Dari Persamaan Kuadrat

Masih ingat dengan rumus abc pada pemabahasan sebelumnya?

 Pada pembahasan kali ini, penulis ingin membahas mengenai dikriminan dari persamaan kuadrat. Diskriminan persamaan kuadrat merupakan bilangan yang menentukan jenis-jenis akar dari dari persamaan kuadrat atau banyaknya akar dalam persamaan kuadrat. Diskriminan disimbolkan dengan huruf "D".







Wednesday, 25 March 2015

Persamaan Lingkaran

Sumber gambar: mathware.com
Pada postingan kali ini, penulis ingin membahas mengenai persamaan lingkaran. Semoga bermanfaat!

Definisi:
Lingkaran adalah himpunan titik titik yang berjarak sama terhadap titik pusat.
Bentuk Umum dari persamaan lingkaran dengan pusat (0,0) adalah

Dengan r adalah jari jari lingkaran.
Sedangkan bentuk umum dari persamaan lingkaran dengan pusat (a,b) adalah


Tuesday, 24 March 2015

Pembuktian Rumus abc Pada Persamaan Kuadrat

Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah membahas mengenai bagaimana cara menentukan akar akar dari persamaan kuadrat dengan metode melengkapkan kuadrat sempurna. Pada artikel kali ini, penulis membahas bagaimana cara menemukan rumus abc yang tidak lain tidak bukan pendekatannya masih menggunakan metode melengkapkan kuadrat sempurna. Semoga bermanfaat!




Friday, 20 March 2015

Menentukan Akar-Akar Persamaan Kuadrat Dengan Melengkapkan Kuadrat Sempurna

Assalamualaikum, para pembaca!
Pada postingan kali ini, penulis ingin berbagi cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat, namun dalam kesempatan kali ini penulis hanya ingin membahas mengenai cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan melengkapkan kuadrat sempurna. Semoga bermanfaat!




Soal Babak Penyisihan Olimpiade Amfibi 2015

Pada postingan kali ini saya akan memberikan soal babak penyisihan olimpiade matematika amfibi 2015 sebagai bahan lahihan. Semoga bermanfaat!



Wednesday, 18 March 2015

Quadratic Equation Exercise (English version)

Sumber Gambar: www.123rf.com












1.   Determine the root square from the following quadratic equation!
a.       x2+3x+2=0
b.      x2-5x+6= 0
c.       x2-x-72= 0
d.      x2-32x+240=0
e.      x2-3x-40= 0
f.        x2+2x-143= 0

2.      If  x2+2x+3= 0 has roots square x1 and x2, the value from :
a.       x1+x2
b.      x1.x2

3.      Determine the quadratic equation from the following roots square!
a.       x1=-2 and x2=5
b.      x1=-7 and +x2=-9
c.       x1=1 and x2= -6
d.      x1 dan x2 

4.        If the roots square of x2+2x+3= 0 are x1 and x2 , the new quadratic equation with roots square  x1+4 and x2+4 is ….

5.       Quadratic equation x2+2x+3= 0 has root square  x1 and x2, the new quadratic equation with roots square 5x1 dan 5x2 is ….

6.       The value of a so that the equation 2x2-3x+p+5=0 has one  real root is ….

7.       The length of rectangle is three more than that width. When the area of rectangle is 70 cm2. Determine the length, width, and perimeter from that rectangle

8.       Umur Antok sekarang adalah dua kali umur Budi. Tiga tahun yang akan datang, hasil kali umur mereka adalah 135 tahun. Umur Antok tujuh tahun yang lalu adalah ….


9.       Amount from two number is 9, While the product from two number is 14. The number are....

Tuesday, 17 March 2015

Soal Latihan Persamaan Kuadrat

Sumber gambar: www.123rf.com


1.       Tentukan akar-akar dari persamaan kuadrat berikut ini!
a.       x2+3x+2=0
b.      x2-5x+6= 0
c.       x2-x-72= 0
d.      x2-32x+240=0
e.      x2-3x-40= 0
f.        x2+2x-143= 0

2.       Jika persamaan kuadrat x2+2x+3= 0 memiliki akar-akar x1 dan x2, nilai dari:
a.       x1+x2
b.      x1.x2

3.       Tentukan persamaan kuadrat jika diketahui akar-akarnya sebagai berikut:
a.       x1=-2 dan x2=5
b.      x1=-7 dan +x2=-9
c.       x1=1 dan x2= -6
d.      x1= 2+3x1 dan x2= 2-3x2 

4.       Jika persamaan kuadrat x2+2x+3= 0 memiliki akar-akar  x1 dan x2, persamaan kuadrat baru yang akar akarnya x1+4 dan x2+4 adalah ….

5.       Jika persamaan kuadrat x2+2x+3= 0 memiliki akar-akar  x1 dan x2, persamaan kuadrat baru yang akar akarnya 5x1 dan 5x2 adalah ….

6.       Nilai dari a agar persamaan kuadrat 2x2-3x+p+5=0 memiliki satu akar real adalah ….

7.       Sebuah persegi panjang diketahui memiliki panjang 3 lebihnya dari lebarnya. Jika luas persegi panjang tersebut adalah 70 cm2, tentukan panjang, lebar, dan keliling dari persegi panjang tersebut!

8.       Umur Antok sekarang adalah dua kali umur Budi. Tiga tahun yang akan datang, hasil kali umur mereka adalah 135 tahun. Umur Antok tujuh tahun yang lalu adalah ….


9.       Jumlah dua buah bilangan diketahui 9, sedangkan hasil kalinya adalah 14. Bilangan bilangan tersebut adalah 

Monday, 16 March 2015

Contoh Soal Yang Dapat digunakan Sebagai Pembelajaran Open Ended Matematika

Sumber gambar: fastweightloss.ga
Hingga saat ini, matematika dikenal sebagai ilmu yang sifatnya pasti oleh kebanyakan orang. Hal ini disebabkan oleh metode pemecahan masalah dengan prosedur yang jelas , sifatnya terurut, dan algoritmik.

Namun demikian, matematika bukanlah ilmu pasti dan penyelesaian dalam matematika selalu harus sama satu sama lain. Sebagai guru, kita juga dapat menerapkan pembelajaran dimana penyelesaian matematika tidak harus sama satu siswa dengan siswa yang lain. Pembelajaran demikian disebut pembelajaran open ended.





Bilangan Kompleks

Bilangan kompleks
Bilangan kompleks terdiri dari bilangan real (nyata) dan bilangan imajiner (khayal)







PEMBAHASAN OSK MATEMATIKA 2015 ISIAN SINGKAT NOMOR 4

Soal nomor 4
Dua botol yang berukuran sama berisi penuh dengan larutan gula. Rasio kandungan gula dan air pada botol pertama adalah 2:11 dan pada botol kedua adalah 3:5. Jika isi kedua botol tersebut dicampurkan, maka rasio kandungan gula dan air hasil campurannya adalah ....

Jawaban:
Misalkan volume botol pertama adalah x, maka volume gula dan air pada botol pertama masing-masing adalah  dan . Jika volume botol pertama dan botol kedua sama, maka volume air pada botol kedua adalah x. volume gula dan air pada botol kedua masing-masing adalah  dan . Rasio antara kandungan gula dan air hasil campurannya adalah
Gula 
air 

Perbandingan gula dan air adalah 55 :153



Tuesday, 10 March 2015

Sunday, 8 March 2015

PEMBAHASAN OSK MATEMATIKA 2015 ISIAN SINGKAT NOMOR 2

Semoga bermanfaat, kali ini penulis ingin mencoba membahas soal OSN 2015, namun karena kesibukan penulis, penulis, maka penulis akan berusaha membahasnya sedikit demi sedikit. Mohon koreksi atas jawabannya;









Thursday, 5 March 2015

Tips Untuk Mengatasi Siswa yang Suka Tidur di Kelas

Sumber: ammay26.wordpress.com
Fenomena siswa tidur di kelas sewaktu jam pelajaran bukanlah fenomena yang asing lagi, terutama bagi siswa yang berasrama atau siswa yang tinggal di pondok pesantren. Hal tersebut dikarenakan padatnya aktivitas mereka atau jam tidur mereka yang sangat larut. Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin berguna untuk mengatasi siswa yang suka tidur di kelas.