Subscribe Blog Ini Untuk Mendapatkan Materi Matematika Yang Terbaru Cara membuktikan Bilangan Rasional Dengan Mudah - Cara Asyik Belajar Matematika
Sunday 17 September 2017

Assalamualaikum matholic semua!
Kita tahu bahwa bilangan real terbagi menjadi dua jenis, yakni bilangan rasional dan bilangan irrasional. Bilangan rasional merupakan bilangan yang dapat dinyatakan kedalam bentuk pecahan biasa atau dapat dikatakan bahwa bilangan rasional merupakan bilangan desimal berulang, contohnya adalah bilangan pecahan dan bilangan bulat. Tentu familiar banget kan guys?
Sedangkan bilangan irrasional, merupakan bilangan yang tidak dapat dinyatakan kedalam bentuk pecahan biasa. Hal ini dikarenakan bilangan tersebut jika diubah kedalam bentuk desimal memiliki desimal yang tak berulang atau tak berpola, contoh seperti bilangan pi (π) yang kita temui ketika kita belajar lingkaran atau bilangan eksponensial. Namun pada kesempatan kali ini penulis tidak ingin membahas mengenai dua contoh bilangan tersebut, namun penulis ingin membahas bagaimana cara membuktikan apakah akar kudrat dari beberapa bilangan asli rasional atau irrasional. Penasaran kan? langsung saja yuk kita bahas!


0 comments: