Tuesday, 3 June 2014


Parman memiliki sebuah sebungkus permen dengan beberapa permen didalamnya. Akan tetapi, dia tidak mengetahui banyak permen yang berada didalam bungkus tersebut. Namun dia mengetahui jika sebungkus permen tersebut digabungkan dengan empat butir permen, total permen yang dia miliki adalah 9 butir. Dapatkah kalian menebak berapa banyak permen dalam satu bungkus permen?
Sumber gambar: www.nonstop-online.com

Sebelum membahasnya, kita perlu  mengenal apakah yang dimaksud kalimat terbuka dan kalimat tertutup.

Kalimat terbuka merupakan kalimat yang belum dapat ditentukan nilai kebenarannya (benar atau salahnya).
Contoh:

Pada kalimat diatas, nilai B tidak dapat ditentukan nilai kebenarannya. Jika B diganti dengan bilangan 7, maka kalimat tersebut akan bernilai benar, namun jika B diganti dengan bilangan 10, maka kalimat tersebut akan bernilai salah

Kalimat tertutup merupakan kalimat yang dapat ditentukan nilai kebenarannya.
Contoh:

Pada kalimat kita ketahui bersama bahwa hasil penjumlahan antara 5 dan 3 adalah 8, bukan 12. Maka kita dapat langsung katakan bahwa kalimat tersebut bernilai salah. Karena kalimat diatas dapat kita tentukan langsung nilai kebenarannya, maka kalimat tersebut merupakan kalimat tertutup.

Persamaan Linier Satu Variabel
Persamaan linier satu variabel merupakan kalimat terbuka yang memiliki satu jenis variabel berpangkat satu dengan dihubungkan tanda "sama dengan" (=) untuk kedua ruasnya.
Contoh:

merupakan persamaan linier, karena hanya memiliki satu jenis variabel, yaitu B yang berpangkat satu dengan dihubungkan tanda "=" untuk kedua ruasnya. Sedangkan persamaan:

Bukanlah persamaan linier satu variabel dikarenakan terdapat variabel yang berpangkat lebih dari satu yakni , begitu pula dengan persamaan:

bukan persamaan linier satu variabel karena memiliki dua jenis variabel, yakni P dan Q. 

Cara Menyelesaikan Persamaan Linier Dua Variabel
Ketika kita pertama kali berkenalan dengan persamaan linier dua variabel adalah dengan cara menyeimbangkan antara ruas kiri dengan ruas kanan, sehinggaa  pada akhirnya kita menemukan solusi dari persamaan linier dua variabel tersebut. Perhatikan contoh di bawah ini!

        (Tambahkan kedua ruas dengan 3)
                             
                   (Bagi kedua ruas dengan 2)
                                 
Materi terkait
Persamaan Linier Satu Variabel (Bagian II)
Latihan Soal Persamaan Linier Satu Variabel
Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel

Materi Lain
Relasi dan Fungsi 

0 comments: