Monday, 6 April 2015

Sumber gambar: smartbimbel.com
Bagi siswa kelas 7 SMP, bilangan bulat merupakan hal yang tidak asing lagi. Hal tersebut dikarenakan pada pembelajaran matematika di sekolah dasar mereka sudah mendapatkannya. Yang membedakannya adalah mengenai penekanannya. Jika di sekolah dasar lebih kearah perhitungan-perhitungan atau prakteknya, maka di SMP menekankan pada sifat sifat bilangan bulat yang kemudian diaplikasikan pada perhitungan perhitungannya. Sifat-sifat yang dimaksud disini contohnya tertutup, assosiatif, elemen identitas, invers, komutatif, distributif, atau aturan mengoperasikan bilangan yang melibatkan beberapa operasi bilangan.

Sekilas memang terlihat sifat-sifat tersebut tidak terlihat penting dan hanya bersifat menghafal. Lebih jauh, jika kita berkecimpung dalam berbagai penghitungan mengenai bilangan, pemahaman akan sifat tersebut akan mengalami kesalahan dalam perhitungan. Misal saja dalam perhitungan bilangan bulat sebagai berikut:



Pada soal tersebut, banyak dari siswa menjawab 56 dikarenakan mereka menjumlahkan terlebih dahulu 3 dengan 5, kemudian mengalikannya dengan 7. Kesalahan tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman siswa mengenai cara perhitungan bilangan bulat dengan beberapa operasi bilangan.

Contoh lain mengenai ketidak pahaman siswa mengenai konsep bilangan bulat terdapat pada soal berikut:

Pada soal
Perhitungan  lebih mudah diselesaikan dengan sifat ....
Mungkin bagi kita semua, soal tersebut bukanlah soal yang sukar, namun berdasarkan pengalaman penulis ketika mengajar, 60% siswa menjawab asosiatif. Hal ini menunjukkan lemahnya pemahaman mereka mengenai bilangan bulat.

Berdasarkan beberapa fakta diatas, seorang guru matematika tidak boleh memandang remeh materi bilangan bulat, karena bilangan bulat merupakan gerbang untuk mempelajari konsep konsep yang lain. Selain, dalam mengajarkan materi ini, hendaknya seorang guru tidak hanya bertumpu pada pandainya siswa dalam berhitung, namun sangat perlu ditekankan penguasaan atas sifat sifat yang terdapat pada bilangan bulat. Semoga bermanfaat!


0 comments: