Monday, 6 April 2015

Pada postingan kali ini, penulis ingin berbagi mengenai soal latihan pecahan tingkat SD, mengingat pada postingan sebelumnya lebih banyak mengenai postingan SMP dan SMA. Semoga bermanfaat!


  1. Banyak siswa laki-laki di kelas 5B adalah 15 anak dari 40 siswa kelas 5B. Jika ditulis dalam notasi pecahan menjadi....
  2. Banyak Apel Wati adalah 18 buah dan banyak apel Halimah adalah 12. Jika ditulis dalam bentuk pecahan menjadi ....
  3. Pecahan  berarti ....
  4. Banyak siswa di suatu sekolah diketahui 120 siswa. Setelah diabsen, siswa yang masuk sekolah hanya 100 siswa. Pecahan yang menunjukkan banyak siswa yang masuk sekolah adalah ....
  5. Banyak siswa di suatu sekolah diketahui 120 siswa. Setelah diabsen, siswa yang masuk sekolah hanya 100 siswa. Pecahan yang menunjukkan banyak siswa yang tidak masuk sekolah adalah ....
  6. Ibu mempunyai sebuah kue bolu berbentuk lingkaran. Oleh ibu kue tersebut ia potong menjadi dua belas bagian yang sama. Jika adik mengambil dua kue bolu untuk dimakan, berapa pecahan yang menyatakan bagian yang diambil oleh adik?
  7. Jika dari keseluruhan tanah Pak Mamat ditanami singkong, berapa bagiankah dari tanah pak Mamat yang tidak ditanami singkong?
  8. Sebuah Mall memberikan potongan harga sebesar 20% untuk setiap pembelian kaos bermerek tertentu. Dengan potongan tersebut, jika seorang pembeli ingin membeli kaos tersebut, berapakah pecahan yang menyatakan uang yang harus dibayarkan?
  9. Ibu mempunyai sebuah kue bolu berbentuk lingkaran. Oleh ibu kue tersebut ia potong menjadi dua belas bagian yang sama. Jika adik mengambil dua kue bolu untuk dimakan, berapa pecahan yang menyatakan bagian yang tidak diambil oleh adik?
  10. Perhatikan gambar berikut ini! Pecahan yang menyatakan bagian roti yang terambil adalah ....
  
         
Sumber gambar: hazira1977.blogspot.com









       

0 comments: