Thursday, 9 April 2015

Berbicara mengenai olimpiade selalu tidak terlepas pula dari tim yang diikutkan dalam olimpiade tersebut.  Memilih siswa untuk dijadikan tim olimpiade bukanlah hal yang mudah. Kebanyakan dari kita memilih mereka berdasarkan nilai rapot, peringkat, atau pandai tidaknya siswa dalam pelajaran tertentu. Namun, sebenarnya hal-hal berikut juga sangat penting diperhatikan dalam memilih tim olimpiade.






1. Istiqomah
Sangat penting bagi sekolah atau pembina untuk menempatkan yang satu ini sebagai prioritas utama. Berdasarkan pengalaman penulis, tidak sedikit dari siswa yang berhenti di tengah jalan ketika proses pembinaan berhenti dikarenakan kebosanan siswa dalam mengikuti pembinaan ataupun olimpiade. Jadi, sangat perlu untuk memilih siswa yang memiliki motivasi yang sangat tinggi.

2. Pantang Menyerah
Kebanyakan siswa pemula (dalam arti baru terjun dalam dunia olimpiade) selalu semangat. Mereka berpikir akan memenangkan olimpiade. Sehingga banyak diantara mereka yang kemudian merasa down atau putus asa ketika mereka tidak dapat lolos ke babak penyisihan. Berdasarkan fakta tersebut, sangat penting diberikan pemahaman kepada mereka bahwa dalam proses memilih tim olimpiade haruslah siswa yang tidak mudah putus asa, dan perlu dijelaskan pula "mengikuti olimpiade bukanlah perkara menang atau kalahnya, tetapi menguji kemampuan kita secara bertahap dan terus menerus.

3. Menerima  Kekalahan
Hal satu ini juga tidak kalah penting, berdasarkan pengalaman penulis, ada seorang siswa yang emosi ketika tidak lolos atau kalah dalam olimpiade, dia berdalih bahwa scannya kurang valid, panitia tidak profesional, waktunya sedikit, ada jawaban yang tidak dikoreksi, dan beberapa hal lainnya, yang lebih parahnya lagi karena hal tersebut dia menyalahkan guru pembinanya. Siswa seperti demikian kurang cocok dimasukkan kedalam tim olimpiade, karena olimpiade selain sebagai ajang menguji kemampuan akademik, olimpiade juga menguji kecakapan mental siswa.

4. Shodaqoh dan Ikhlas
Seorang tim olimpiade sangat perlu berbuat demikian. Karena sudah sangat jelas bahwa jika kita bersedekah, rejeki kita dilipatgandakan. Sangat perlu bagi pembina untuk mengingatkan kepada siswa untuk selalu menyisihkan uang pembinaan yang dia peroleh ketika memenangkan olimpiade untuk disisihkan buat bersyukur, bisa dalam bentuk membelikan temannya makanan, membelikan buku sekolah. Selain itu, melalui hal ini siswa diajarkan bagaimana peduli terhadap temannya, tidak sombong, dan menganggap kemenangannya ini bukanlah kemenangan individu, namun kemenangan bersama.

Semoga tips yang sederhana ini bermanfaat bagi kita semua!



0 comments: