Subscribe Blog Ini Untuk Mendapatkan Materi Matematika Yang Terbaru Soal Latihan Olimpiade Matematika - Cara Asyik Belajar Matematika
Friday 3 April 2015

Mungkin sekilas sebagian pembaca sekalian menganggap kalau soal ini bukan soal olimpiade, 
namun coba dulu kerjakan soal soal keren ini! Semoga bermanfaat!











1. PERJALANAN DARI PADANG KE MEDAN 
    Cermati gambar dan percakapan di bawah ini!
    













Rahmad :”Sepertinya kita perlu berhenti untuk mengisi premium sebelum sampai di Medan.”
Andi :”Saya kira tidak perlu. Kapasitas tangki mobil ini 45 liter dan saya baru mengisinya penuh.”
Rahmad :”Untuk 1 liter premium, berapa kilometer jarak yang bisa ditempuh dengan mobil ini?”
Andi :”Dengan kondisi jalan dan kecepatan seperti ini, biasanya 15 kilometer.”
a.       Jelaskan, apakah mereka perlu berhenti untuk mengisi premium?
b.      Jika Rahmad dan Andi berhenti selama 30 menit untuk beristirahat, pukul berapa mereka sampai di Medan?
(Diambil dari: Soal KLM 2013)

2. Rally Point
Perhitungan poin permainan bulutangkis sebenarnya beberapa kali berubah
hingga akhirnya sejak tahun 2006 sistem rally point resmi diberlakukan. Sistem
poin reli ini lebih mudah dipahami dan tidak membingungkan. Berikut ini
penjelasan detil tentang aturan perhitungan poin dengan sistem rally.
a          a. 1 set (game) terdiri dari 21 poin
b          b. Pemain yang memenangkan rally (rally berarti mulai dari sebuah service hingga cock dinyatakan           mati) akan mendapatkan poin. Tidak perduli apakah pemain tersebut yang memulai service atau             tidak. Berbeda dengan sistem klasik (15 poin) hanya sisi yang melakukan service saja yang dapat           memperoleh poin jika berhasil memenangkan sebuah rally.
c          c. Jika pada set permainan, kedua belah pemain mendapat poin masing-masing 20 poin, maka                     pemain yang lebih dulu mendapat 2 poin berikutnya yang akan memenangkan set (game). Ini 
                sering juga disebut dengan jus (deuce).
d          d. Jika deuce terus-menerus terjadi hingga masing-masing mendapat poin 29, maka pemain yang               memendapatkan poin 30 lebih dulu yang akan memenangkan set tersebut sehingga scorenya                   adalah 30-29. Maksimal skor adalah 30.
e          e. Pemain yang memulai service akan terus melakukan service jika memenangkan rally. Jika rally              dimenangkan oleh pemain yang menerima serivice maka selanjutnya yang memulai service akan            berpindah. Dengan kata lain service dimulai oleh pemain yang memenangkan rally, baik untuk              tunggal maupun ganda.
f.               .   f    Jika pemain yang memulai service memenangkan rally, maka pemain yang sama akan melakukan          service lagi dari arah service yang berbeda (bergantian kiri dan kanan lapangan)
g         g. Jika skor genap, maka service dilakukan dari sebelah kanan lapangan. Jika skor ganjil maka                    service dilakukan dari sebelah kiri lapangan. Hal ini berarti jika service berpindah, maka service 
               dapat dimulai dari sebelah kiri lapangan, baik untuk tunggal maupun ganda.
                   (Sumber: http://my- much.blogspot.com/2013/07/ perhitungan-poin-bulutangkis-rally-point.html)                                                              
               Pada set kedua babak  perempat final Olimpiade Beijing  antara Wong Mew Choo vs Lu Lan, Lu            Lan mendapatkan 5 kali match point dan kemudian dan ia berhasil                                       
           memenangkannya.  Berapakah skor akhir yang tidak mungkin di set kedua antara Wong
           Mew Chou dan Lu Lan? Berilah penjelasan atas jawabanmu!
v        
        3.  Bacalah baik-baik paragraph di bawah ini!
Terdapat tiga orang dengan nama Ajib Mangga, Boot Nangka, Coki Nanas. Pada suatu hari mereka berkumpul bersama dan berdiskusi satu sama lain. Seseorang dari mereka yang menyukai mangga berkata, “kita itu aneh ya, nama belakang kita bertiga adalah nama buah buahan dan kita memang gemar buah tersebut.” Seorang ibu menyahut, “benar, dan anehnya lagi kita tidak menyukai buah yang merupakan nama belakang kita.” Lalu Ajib Mangga menyahut, “benar juga katamu.”
Berdasarkan paragraph diatas, jika terdapat seorang perempuan dalam kelompok tersebut, siapakah nama perempuan tersebut?

 4. Terdapat sekumpulan bunglon merah dengan jumlah 2009 sedang berbaris memanjang dan hendak disebut namanya. Bunglon tersebut akan dipanggil satu persatu. Bunglon yang dipanggil akan berubah warna menjadi hijau jika banyak bunglon didepannya yang berwarna merah lebih dari 2/3. Banyak bunglon berwarna hijau setelah keseluruhan bunglon dipanggil adalah ….
(diambil dari Kumpulan Soal Unik TOBI) 



0 comments: