Monday, 2 June 2014

Sumber gambar: kaskus.co.id

Soal:
disediakan enam buah lobang. Dari keenam lobang tersebut terdapat dua lobang yang berisi jebakan berupa 2 orang algojo, sedangkan keempat lobang lainnya adalah lobang yang mengantarkan ke benteng takeshi. 

Dari keseratus peserta benteng takeshi, tersisa lima orang peserta. Untuk sampai ke benteng takesh,mereka harus memilih 6 lobang, dimana 2 lobang berisi algojo yang menghadang mereka sampai ke benteng takeshi, dan 4 lobang dapat mengantarkan mereka ke benteng takeshi. Berapa peluang dua orang peserta dapat masuk kebenteng takeshi?

Jawab:
Jika terdapat hanya dua orang dari lima orang yang berhasil, maka pola yang dapat dibuat adalah
B B G G G
B G B G G
B G G B G
B G G G B
G B B G G
G B G B G
G B G G B
G G B B G
G G B G B
G G G B B 
Terdapat sepuluh pola. Jika Peluang untuk berhasil adalah  (empat lubang tanpa jebakan dari enam jebakan yang tersedia) dan peluang gagal adalah  (dua lubang jebakan dari enam jebakan yang tersedia.
Jika kita lihat tiap tiap pola tersebut, akan menghasilkan perhitungan nilai peluang yang sama (dikarenakan meskipun pola berbeda tapi bermaksud sama, dua berhasil dan 4 gagal), sehingga kita cukup menghitung satu pola saja,kemudian kita kalikan hasilnya dengan 10, maka:
B B G G G

Kemudian hasilnya kalikan dengan sepuluh, maka,

 Peluang dua orang sampai ke benteng takeshi adalah 



0 comments: