Subscribe Blog Ini Untuk Mendapatkan Materi Matematika Yang Terbaru Soal latihan Barisan Deret, Bilangan Bulat dan Pecahan, Himpunan - Cara Asyik Belajar Matematika
Sunday 1 June 2014


  1. Jika A @ B berarti “Kuadratkan bilangan pertama, kemudian jumlahkan dengan enam kali bilangan kedua”, maka nilai dari 3@(4@3) adalah....
  2. Untuk membuat 100 roti diperlukan 5 kg tepung terigu. Banyaknya tepung terigu yang diperlukan untuk membuat 1.500 roti  adalah …
  3. Alang memiliki sebidang tanah.  tanahnya digunakan untuk sawah,  tanahnya untuk palawija, dan sisanya digunakan untuk kolam ikan. Jika luas tanah yang digunakan untuk kolam ikan adalah 300 m2, maka luas tanah Alang seluruhnya adalah …m2.
  4. Pada suatu kompetisi matematika diberikan peraturan sebagai berikut:
  5. Point 4 untuk jawaban benar
    Point -2 untuk jawaban salah
    Point -1 untuk tidak dijawab
    Untuk lolos ke babak berikut diberikan syarat nilai minimal adalah 80. Dari 40 nomor, Parjo mampu menjawab benar 25 nomor. Agar Parjo mampu lolos ke babak berikutnya, maka banyak jawaban salah atau tidak dijawab  adalah ….
  6. Narji membeli 40 kg gula. Gula tersebut kemudian dimasukkan kedalam beberapa plastic untuk dijual. Jika tiap plastic berisi  kg gula, maka banyak plastic yang diperlukan oleh Narji adalah ….
  7. Dalam suatu diklat kepemimpinan yang dihadiri oleh 60 peserta, terdapat 35 peserta memakai kaos hitam, 40 peserta memakai celana biru, dan 8 anak tidak memakai kaos hitam dan celana biru. Banyak anak yang memakai kaos hitam dan celana biru adalah …peserta
  8. Banyak santriwati di arrohmah putri adalah 36 siswa, 21 siswa suka Bahasa Inggris, 16 siswa suka Matematika, dan 5 siswa tidak gemar keduanya. Banyak siswa yang gemar Bahasa Inggris adalah ….
  9.  Dari 35 anak diketahui 23 anak senang sepak bola, 17 anak senang basket, dan 3 anak tidak senang sepak bola maupun basket. Banyak anak yang senang keduanya ….
  10. Banyak siswa suatu kelas adalah 36 siswa, 21 siswa gemar melukis, 16 siswa gemar menari dan 5 siswa tidak gemar keduanya. Banyak siswa yang gemar melukis tetapi tidak gemar menari adalah …. siswa.
  11. Dalam suatu rapat yang dihadiri oleh 20 orang dewan direksi diketahui bahwa mereka saling berjabat tangan satu sama lain. Banyak jabat tangan yang dilakukan adalah ….
  12. Suatu barisan aritmatika suku ke-2 adalah 19 dan suku ke-5 adalah 31. Jumlah 24 suku pertama adalah …. (UAN 2013)
  13. Dalam suatu penelitian akan perkembangan pertumbuhan suatu tanaman, diketahui bahwa pada minggu ke-1 tinggi tanaman 7 cm, minggu ke-2 tingginya 10 cm, minggu ke-3 tinggi tanaman 13 cm, dan seterusnya setiap minggu tingginya bertambah tiga sentimeter. Pada minggu ke … tinggi tanaman menjadi 112 cm.
  14. Dalam penelitian di Lab mengenai 12 bakteri Lactobacillus sp., diketahui bahwa bakteri akan membelah diri menjadi dua setiap 15 menit sekali , maka banyak bakteri setelah 1,5 jam adalah ….
  15. Seekor katak melompat membentuk barisan aritmatika. Pada lompatan ketiga, katak tersebut melompat sejauh 1,2 meter dan pada lompatan keenam katak mampu melompat sejauh 2,1 meter. Pada lompatan ke-7 katak mampu melompat sejauh ….
  16. Pada suatu barisan aritmatika, diketahui suku ke-4 adalah 11 dan suku ke-7 adalah 26. Suku ke-20 dari barisan aritmatika adalah ….

0 comments: