Sunday, 15 June 2014

Sumber gambar: http://www.wisatapanorama.com/pantai-kondang-merak-pantai-alami-malang-dengan-legenda-burung-merak.html
Kondang Merak merupakan salah satu pantai yang berada di wilayah Malang bagian selatan. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Pantai ini berada di pesisir pantai selatan dan berada 2 km sebelum Pantai Bale Kambang. Dari Kota Malang, kita dapat menempuhnya dengan menggunakan sepeda motor, mobil, atau truk selama kurang lebih 2-2,5 jam. Sedangkan untuk angkutan umum, tidak terdapat akses angkutan umum dikarenakan masih sepinya daerah ini dan kontur jalan yang masih makadam.

Meskipun tidak sepopuler Pantai Bale Kambang, namun Pantai Kondang Merak memberikan nuansa alam yang masih alami dan indah. Ketika sampai disana, penulis dibuat kaget dengan air laut yang ada disana. Air laut disana sangatlah bening dan belum tercemar, sehingga pandangan mata kita dapat menerobos kearah indahnya terumbu karang dan sekumpulan ikan yang berada di bawahnya. Kemudian, jika kita lihat kearah selatan, tampak beberapa pulau karang yang terletak tidak jauh dari pantai. Kita dapat langsung menikmatinya secara langsung dengan berjalan kesana. Menariknya lagi, disana kita dapat menemukan berbagai macam biota laut, seperti kerang, ubur-ubur, bulu babi, landak laut, bintang laut, teripang, dan berbagai jenis ikan hias. Para mancing mania juga dapat memancing disana karena banyak terdapat ikan menarik disana.

Meskipun bukan termasuk tempat pelelangan ikan seperti Pantai Sendang Biru, kita tetap dapat menemukan pedagang ikan. Hal tersebut dikarenakan terdapat banyak nelayan yang menangkap ikan. Ikan yang dijual disana ada ikan tongkol dan tuna. Untuk ikan tongkol,harga tiap kilonya adalah Rp 15.000,00, sedangkan untuk ikan tuna, harga per kilonya adalah Rp 50.000,00.

Fasilitas yang mendukung adalah tempat camping, mushola, kamar manding yang memadai, rumah makan dengan menu kuliner yang ditawarkan adalah nuansa seafood seperti sate tuna dan ikan bakar. Sungguh pengalaman yang sangat mengesankan penulis mendapat kesempatan untuk pergi ke pantai tersebut untuk menikmati pantai dengan air yang masih bening dan beraneka biota laut yang biasanya hanya kita dapati di televisi atau gambar.

0 comments: