Pages - Menu

Pages - Menu

Wednesday, 24 December 2014

Monday, 8 December 2014

Soal Matematika Tentang Rally Point

Rally Point

www.lintasberita.web.id
Perhitungan poin permainan bulutangkis sebenarnya beberapa kali berubah hingga akhirnya sejak tahun 2006 sistem rally point resmi diberlakukan. Sistem poin reli ini lebih mudah dipahami dan tidak membingungkan. Berikut ini penjelasan detil tentang aturan perhitungan poin dengan sistem rally.




Thursday, 27 November 2014

Pembuktian Sifat-Sifat Dalam Pangkat tak Sebenarnya

http://www.solving-math-problems.com/exponent-rules-division.html
Pangkat tak sebenarnya merupakan bagian dari pembelajaran siswa di SM dan merupakan bagian terpenting ketika berada di SMA. Hal-hal yang dibahas pada materi ini adalah seputar sifat-sifat perpangkatan dan pemakaiannya, bentuk akar dan sifat- sifatnya, serta penggunaan pangkat tak sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk ukuran siswa SMP, materi ini tergolong materi yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, karena dalam pembelajarannya kita mengabungkan konsep perkalian bentuk aljabar, pemfaktoran bentuk aljabar, dan perhitungan-perhitungan dalam pecahan. Karena sangat kompleksnya materi ini, kita (terutama sbagai guru) harus menguasai betul semua konsep dalam pangkat tak sebenarnya, salah satunya adalah bagaimana kita dalam menjelaskan sifat-sifat pangkat tak sebenarnya. Tidak menutup kemungkinan siswa kita akan banyak bertanya mengenai dari mana asal muasal sifat tersebut. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini penulis ingin sedikit berbagi mengenai pembuktian beberapa sifat dalam pangkat taksebenarnya. Semoga bermanfaat!

Wednesday, 26 November 2014

Latihan Soal UN Indikator 1-5

Apakabar nih semua? Pada postingan kali ini penulis ingin berbagi soal latihan yang penulis gunakan sebagai try out kedua di sekolah tempat penulis bekerja. Namun masih terbatas pada indicator 1-5. Semoga bermanfaat!











1.       Nilai dari 13 – (-56):7+4x(-5) adalah ....

a.       -1

b.      1

c.       -15

d.      15

 

2.       Daftar belanjaan Gendhis:

Gula  kg                  @Rp 6.000,00

Tepung 7 ons             @Rp 3.000,00

Telur 3 kg                 @Rp 5.000,00

Vanili 3 bungkus       @ Rp 2.000,00

Jika Gendhis memiliki 2 lembar uang lima puluh ribuan untuk membelanjakan semuanya itu, maka:

a.       Kembali 22.250

b.      Kurang 22.250

c.       Kembali 41.750

d.      Kurang 41.750

 

3.       Jika t adalah nilai dari 9+9 - 9 x 9 : 9, maka nilai dari 2t adalah ....

a.        4,5

b.      9

c.       18

d.      36

 

4.       Pada siang hari, suhu udara di Jeddah mencapai 380C. Pada malam hari, suhu udara disana sebesar -40C. Selisih antara suhu udara pada siang hari dan malam hari adalah ....

a.       -420C

b.      -340C

c.        340C

d.      420C

 

5.       Ibu mempunyai 42 Kg gula. Beras tersebut dimasukkan kedalam kantong kresek. Jika setiap kresek berisi  kg, Banyak kantong kresek yang dperlukan adalah ....

a.       63 kg

b.      32 kg

c.       28 kg

d.      20 kg

6.        Adi, Herman, dan Ahmad sedang memancing ikan, mereka bertiga berhasil menangkap ikan sebanyak 360 ekor. Adi menangkap  dari jumlah tersebut. Herman menangkap  dari jumlah tersebut, dan sisanya ditangkap oleh Ahmad. Banyak ikan yang ditangkap oleh Ahmad adalah ....

a.       50 ikan

b.      100 ikan

c.       200 ikan

d.      260 ikan
Soal selengkapnya dapat diunduh disini

Monday, 24 November 2014

Menentukan Peluang Pelemparan Beberapa Koin Dengan Mudah

Artikel ini saya buat sebagai jawaban atas pertanyaan kebanyakan siswa saya mengenai peluang,khususnya mengenai peluang dari pelemparan beberapa koin . Kebanyakan siswa merasa kerepotan dalam soal pelemparan n logam. Hal ini bukan karena susahnya soal, namun dikarenakan malasnya mereka membuat diagram pohon yang menyatakan ruang sampel. Berikut ini cara yang mungkin bermanfaat bagi pembaca budiman untuk menentukan banyaknya ruang sampel dan titik sampel dari pelemparan beberapa koin.


 

Sunday, 23 November 2014

SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA AMFIBI 2014

Alhamdulillah, olimpiade amfibi 2014 telah dilaksanakan, sebagai latihan berikutini soal Olimpiade Matematika AMFIBI 2014:

Soal babak penyisihan olimpiade amfibi 2014
Soal olimpiade amfibi 2014 babak final

Thursday, 20 November 2014

PENDAFTARAN OLIMPIADE MATEMATIKA AMFIBI DIPERPANJANG

Berdasarkan kesepakatan panitia AMFIBI, maka disepakati bahwa pendaftaran Olimpiade Matematika AMFIBI 2014 diperpanjang hingga 23 November 2014. Terima kasih!

Sunday, 19 October 2014

KISI KISI OLIMPIADE MATEMATIKA AMFIBI

Berikut ini adalah kisi-kisi olimpiade matematika amfibi, semoga bermanfaat!
BILANGAN
BILANGAN BULAT
PANGKAT TAK SEBENARNYA
BILANGAN RASIONAL DAN IRRASIONAL
KETERBAGIAN
KPK DAN FPB 
KONGRUENSI (MODULO)
BARISAN DAN DERET
ALJABAR
BENTUK ALJABAR DAN MANIPULASI ALJABAR
PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL
SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL
PERSAMAAN KUADRAT DAN SIFAT-SIFATNYA
NILAI MUTLAK
FUNGSI 
FUNGSI KOMPOSISI DAN INVERS
GEOMETRI
BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG
GARIS BERAT DAN TITIK BERAT
DALIL STEWARD
DALIL PHYTAGORAS
LINGKARAN DAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN
KOMBINATORIKA
KAIDAH PENCACAHAN 
PERMUTASI DAN KOMBINASI
TEOREMA DE MOIVRE
PELUANG SUATU KEJADIAN
STATISTIKA 

Tuesday, 14 October 2014

Formulir Pendaftaran Olimpiade Amfibi 2014

Formulir pendaftaran Olimpiade Amfibi 2014 dapat diunduh dengan klik link di bawah ini:


Formulir pendaftaran olimpiade amfibi 2014   via ziddu
htFormulir pendaftaran olimpiade matematika amfibi via google drive

Persyaratan Olimpiade Amfibi 2014

Assalaamu’alaikum warohmatullah wa barokaatuh.
Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan  nikmat dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga sampai detik ini kita masih diberikan kekuatan oleh Allah SWT untuk berusaha melaksanakan tugas sebagai khalifah di muka bumi ini.
Sholawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Rasulullah Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya dan seluruh kaum muslimin yang senantiasa tetap istiqomah mengikuti jejaknya.

Saturday, 9 August 2014

Pertarungan Melawan Naga Lahar

Biji zandeem. Menurut legenda, biji ini mengandung inti dari salah satu elemen penyusun dunia Fanjasia, sebuah dunia dari dimensi berbeda yang mirip dengan Bumi kita. Konon, jika seseorang tertelan biji itu, bisa dipastikan ia telah memiliki kemampuan untuk mengendalikan salah satu elemen. Namun, agar dirinya mahir menguasai teknik-tekniknya, mau tidak mau ia harus masuk ke Madraushon, sekolah khusus bagi orang-orang yang tertelan biji zandeem. Di sana akan ada banyak misi, latihan, dan turnamen yang bertujuan untuk melatih semua murid menjadi benih-benih baru Orang Terpilih yang akan mengemban tugas utama untuk menjaga keamanan dunia Fanjasia.
Arekha, Arikha, dan Kei adalah diantaranya. Ketiga anak itu sudah harus masuk ke Madraushon dengan sistem pengajaran yang ketat di saat teman-temannya masih menikmati suasana sekolah yang lengang. Hampir tiap hari mereka harus berlatih mengendalikan elemen yang mereka kuasai. Mereka juga mendapat misi yang bermacam-macam di tiap pekannya.
Salah satu misi yang mereka terima adalah hari ini. sudah 2 jam mereka menyusuri hutan yang letaknya berdekatan dengan dusun mereka untuk menyelesaikan sebuah misi yang harus mereka tuntaskan hari ini juga.
“Memang misi kita kali ini apa sih Kak?”, tanya Arikha. “Dari awal aku belum diberitahu loh”.
Arekha terkejut mendengarnya. “Ah, masa, sih, Dik?”, ujarnya tak percaya. Arikha langsung menggeleng kepalanya. Dua lembar kain yang melingkari wajahnya ikut bergoyang.
Kei dengan tanggap menjawab pertanyaan adik perempuan Arekha itu. “Nyari Asruille rawi, Dik. Itu lho, yang dibilang tanaman langka yang katanya cuma ada di hutan ini. Sebangsa rerumputan”, jelasnya. Punya teman pintar semacam Kei membuat Arekha dan adiknya serasa memiliki ensiklopedia berjalan.
Arikha langsung menangkap sesuatu dalam pikirannya. “Oooh... tanaman itu. Aku pernah dengar katanya tempat tumbuhnya di sebelah barat Lahan Tenda”, serunya.
Sontak, Arekha dan Kei berhenti melangkah. Mereka berdua kaget rupanya ada yang tahu persis lokasi tumbuhnya Asruille rawi. “Beneran, Dik?”, kata Arekha yang masih kaget.
“Beneran, Kak. Aku dengar sendiri itu”.
Segera, Kei meraih sebuah peta dari saku celananya,lalu mengamati isi peta itu. Beberapa saat kemudian, ia mengeluarkan kompas dari sakunya yang lain. Kei kemudian berputar beberapa derajat sambil tetap memperhatikan kompas yang ia pegang. Lalu, ia menurunkan kompasnya dan menatap lurus di depannya. Ekspresi wajahnya tiba-tiba berubah takjub ditambah tidak percaya. Dan semua gerak-gerik Kei diikuti juga oleh Arekha da Arikha.
“Kita hampir sampai, Kak!”, ujar Arikha sampai melompat-lompat kegirangan. Ia langsung berlari menuju Lahan Tenda, mendahului Arekha dan Kei yang masih diam seribu bahasa.
Punggung Kei tiba-tiba ditepuk oleh Arekha. “Hei! Jangan bengong aja! Adikku udah duluan, tuh”, celetuk Arekha, membuat Kei terkaget. Mereka berdua lalu menyusul Arikha hingga sampai di tengah-tengah Lahan Tenda yang luas. Tiba-tiba...
BLAR!
“Kyaaa!!!”. Arikha yang sampai duluan di Lahan Tenda itu tiba-tiba saja jatuh terlempar saat sebuah bola api menghantam tanah dan hampir mengenai dirinya. Jeritan si adik sempat membuat Arekha panik dan langsung berlari ke Arikha yang ketakutan melihat bola api di depannya. Tanpa pikir panjang, saat itu juga Arekha langsung memeluk adiknya itu dengan kelegaan karena melihat Arikha tak celaka. Namun, Kei yang tiba belakangan berusaha menepuk-nepuk pundak Arekha, berusaha memanggilnya.
“Rekha. Coba liat ke atas”, ucap Kei sambil ketakutan melihat ke atas.
Seekor naga tiba-tiba terbang di atas Arekha, Arikha, dan Kei yang terpaku melihatnya. Naga besar yang kulitnya dari kerak-kerak lahar yang hitam mengeras serta cahaya merah panas yang berpijar di tiap celah keraknya itu menghalangi misi 3 anak Orang Terpilih itu yang sebenarnya sudah antiklimaks. Naga mengerikan yang kerap dijuluki Naga Lahar itu menyemburkan api lewat mulutnya, membuat 3 anak itu terjebak di dalam lingkaran api yang mengitari Lahan Tenda. Belum puas, naga itu kali ini menyerang Arekha, Arikha, dan Kei dengan semburan apinya yang panas membara. Beruntung, mereka bertiga masih punya kesempatan menyelamatkan diri dengan melemparkan diri mereka sambil berpencar.
Tahu-tahu, tubuh Arekha melayang di atas tanah, dan kini ia terbang untuk menghadapi Naga Lahar dengan kemampuannya mengendalikan elemen udara. Sang naga hitam yang tahu Arekha ada di depannya langsung menatap Arekha tajam. Namun, Arekha tak gentar. Ia justru mengambil posisi menyiapkan jurus Bola Meriam Udara-nya yang besar. Dan, BUM! Bak meriam ditembakkan, Bola Meriam Udara itu terlontar dari kedua tangan Arekha hingga tepat mengenai tubuh naga yang besar itu, membuat naga itu terlempar beberapa jauhnya.
“Hei, Rekha! Apa yang kau lakukan?!”, teriak Kei dari bawah. “Kau sadar apa yang sudah kau lakukan!?”.
“Iya, aku tahu kok. Aku cuma ingin menjauhkannya sebentar”, balas Arekha santai. “Dik Rikha! Bisa kau bawa air yang banyak dari sungai Poltza?”, lanjut Arekha. Kali ini nadanya serius.
“Tapi gimana caranya kesana, Kak?”, ucap Arikha tak mengerti. “Kita kan, masih terjebak”.
“Pakai portal Dimensi-nya Kak Kei!”.
Dengan cepat Arikha berlari menuju Portal Dimensi dari Kei dengan kekuatan elemen ruang dan dimensi—sesuatu yang terbilang jarang di kalangan Orang Terpilih. Sementara itu, Arekha mengalami pertarungan dengan Naga Lahar. Sempat terlempar akibat efek Perisai Udara-nya yang diseruduk sang naga yang tiba-tiba terbang menghampirinya dengan kecepatan tinggi, Arekha akhirnya bisa membalas naga itu dengan rentetan Bola Meriam Udara yang kali ini lebih kecil dari sebelumnya. Arekha memang berniat tak melempar naga itu sampai jauh, seperti yang ia lakukan sebelumnya.
“Kakak! Aku sudah bawa airnya!”, teriak Arikha dari dalam Portal Dimensi-nya Kei yang kemudian disusul dengan suara gemuruh air.
“Bagus Dik!”, puji Arekha yang sudah di atas Lahan Tenda kembali. “Tahan airnya sebentar, Dik! Kei, bisa bantu aku? Buat naganya melemah”, perintahnya. Kemudian, sambil mempertahankan portalnya, Kei membuat Tombak Ruang yang berwarna nila transparan itu dengan jemarinya. Dengan satu tangan, Kei melemparkan tombak-tombak itu ke arah naga yang masih sibuk berhadapan dengan Arekha. Cep-Cep-Cep! Kelima tombak yang dilempar Kei berhasil mengenai sasaran.
Sang naga mulai melemah akibat lima Tombak Ruang-nya Kei yang menusuk kulit hitamnya. Badannya mulai terhuyung. Arekha yang membaca keadaan langsung membumbung hingga beberapa kaki dari naga, lalu ia mengeluarkan Bola Meriam Udara yang lebih besar dari ukuran saat Arekha melempar jauh Naga Lahar. Dan... GEDEBUM! Tubuh naga itu mengalami pendaratan yang sangat keras di Lahan Tenda. Naga itu kini tak berdaya.
“Arikha, sekarang!”, seru Kei. Arikha keluar dari portal dengan membawa berliter-liter air yang melayang. “Dik Rikha, kita lakukan sama-sama ya. Kamu guyur badan naga ini, lalu kakak yang menyelesaikannya”, perintah Arekha kepada adiknya. “Kita buat naga ini beku”.
Akhirnya, dengan siraman air sungai Poltza dari Arikha yang kemudian dibarengi dengan Hembusan Udara Dingin yang keluar dari kedua tangan Arekha, tubuh Naga Lahar yang tak berdaya itu perlahan mendingin, hingga sekujur tubuhnya kini membeku.

Thursday, 7 August 2014

Tugas Hari Raya SMP Ar Rohmah Dau

Bagi yang hilang tugasnya , ini bisa diunduh disini.

Sunday, 6 July 2014

Soal Cerita Matematika yang Menjebak

Sumber gambar: www.lintasnusantaraco.indonetwork.co.id
Pada postingan kali ini, saya ingin berbagi sebuah soal yang mungkin dirasa sangat enjebak bagi kebanyakan siswa. Hal ini didasarkan pada pengalaman penulis ketika memberikan soal ini, 90% siswa menjawab dengan jawaban yang hampir sama dan kesemua jawabannya salah. Berikut adalah soalnya, semoga bermanfaat!




Cinta di Atas Cinta (a cerpen)

Assalamualaikum, Kawan! Gimana nih kabarnya? Pasti baik semua kan? :) Aku harap sih semua sehat2.
Nah, ini adalah kesempatan pertama saya berkolaborasi dengan Bapak Bagoes Darmawan yang merupakan guru matematika saya sewaktu di kelas dua SMP (trims, Pak :) ). Sebenarnya sih, saya juga sudah punya blog sendiri (silahkan kunjugi ya :) ). Tapi yah, emang semua sepi di blog saya.
Ya udah. Ini kali pertama saya posting di blog ini. Jadi, enjoy my cerpen ya!


Tuesday, 24 June 2014

Soal Latihan Olimpiade 3

The value of x from the equation  is ....

Monday, 23 June 2014

Teka teki Matematika, Dua Pewaris Tahta

Dikisahkan, seorang ayah memiliki dua orang anak. Di penhujung ajalnya, dia memberikan wasiat kepada mereka. Melalui orang kepercayaannya, dibacakanlah wasiat tersebut. Isi dari wasiat tersebut adalah sebagai berikut:
" Seluruh hartaku akan kuberikan kepada kedua anakku. Namun, untuk mendapatkannya, mereka harus mengambil di tempat yang telah aku tentukan. Untuk kesana aku sediakan dua ekor kuda. Kuda yang berwarna hitam untuk anak pertama dan kuda berwarna putih adalah untuk anak kedua. Jika kalian menginginkan mendapatkan harta yang

Saturday, 21 June 2014

Outing Sebagai Media Pembelajaran Akhlaq

Sekolah adalah salah satu lembaga pendidikan. Melalui sekolah, siswa dilatih berbagai macam keterampilan dan kecakapan hidup (life skill). Sehingga selain kemampuan akademik, hal yang perlu dibangun oleh sekolah adalah perihal mental spiritual siswa misalnya akhlaq.

Untuk membangun mental spiritual siswa kearah yang lebih baik dapat dilakukan dengan berbagai macam program, misalnya nasehat-nasehat yang diberikan oleh guru sewaktu kegiatan belajar di kelas, kegiatan outbond, pramuka, ekstrakulikuler, dan kegiatan lainnya. Kesemua kegiatan tersebut dapat membina kepribadian siswa seperti peduli terhadap teman, saling menghargai, kerjasama, dan lain-lain.

Friday, 20 June 2014

Soal dan Pembahasan Persamaan Linier Satu Variabel

Soal 
1.   Umur John adalah dua kali umur Mary, dan umur Mary tiga kali umur Bill. Nyatakan tiap tiap umur tersebut dalam bentuk satu umur yang tidak diketahui
2.     Seorang laki laki berumur 41 tahun dan anaknya berumur 6 tahun. Di dalam berapa tahun lagi umur ayah menjadi tiga kali umur anaknya?
3.     Jumlah angka dari bilangan yang terdiri dari dua angka adalah 12. Apabila angka-angkanya dibalik, bilangan yang baru adalah 4/7 kali bilangan semula. Tentukan bilangan semula!

Jawab:
1.   Misal umur Mary adalah x, maka 
      Umur John = 2x
      Umur Mary tiga kali umur Bill, maka umur Bill sepertiga umur Mary, maka
      Bill = 1/3 x

2.   Umur ayah sekarang 41 tahun.
      Umur anaknya sekarang 6 tahun.
      Misalkan pada x tahun umur Ayah tiga kali umur anaknya, sehingga
      41+x  = 3(6+x)
      41+x  = 18+3x
      -3x+x = 18-41
      -2x     = - 23
       x        = 11,5
       Maka setelah 11 tahun 6 bulan, umur Ayah tiga kali anaknya.
3.    Misal angka satuan adalah x dan angka puluhan adalah y.
       jika x+y = 12, maka y= 12-x
       Maka bilangan yang dimaksud adalah 10(12-x)+x
       Apabila angka-angkanya dibalik, bilangan yang baru adalah 4/7 kali bilangan semula, maka     
       10x+12-x = 4/7 [10(12-x)+x]
       9x+12      = 4/7 [120-10x+x]
       4(9x+12) = 7(120-9x)
       36x+48    = 840-63x
       99x          = 792
           x          = 8
           y          = 12 -8= 4
       Bilangan yang dimaksud adalah 48


Tips Menentukan Siswa Untuk Dibina Olimpiade

Akhir-akhir ini,olimpiade sangat marak dalam dunia pendidikan. Hal ini terlihat banyaknya sekolah yang memprioritaskan olimpiade sebagai salah satu program prioritas mereka, seperti membuat program kelas khusus untuk olimpiade, memasukkan olimpiade kedalam kurikulum atau ekstrakulikuler. Selain itu, dalam dunia mayapun olimpiade menjadi topik yang sangat hangat untuk dibicarakan.

Begitu pentingnya olimpiade bagi sekolah, sehingga kita sebagai guru atau pembina harus pandai dalam menemukan siswa untuk dapat dibina. Berikut ini adalah tips dalam menentukan siswa untuk dibina dalam rangka mempersiapkan olimpiade berdasarkan pengalaman penulis:


Thursday, 19 June 2014

Cara Cepat Menyelesaikan Persamaan Garis (Bagian I)

Sumber gambar: www.tutorvista.com
Persamaan garis lurus merupakan salah satu materi dalam pelajaran matematika yang dianggap sulit bagi siswa sekolah menengah pertama. Salah satu alasannya adalah materi tersebut sangat abstrak dan kebanyakan dari mereka menganggapnya tidak berbuna (useless). Pada postingan kali ini, penulis ingin memberi tips dalam menyelesaikan persamaan garis lurus secara mudah dan cepat, namun karena terdapat beberapa jenis soal, penulis akan memaparkannya secara bertahap.


Cara Menanamkan Konsep Dasar Bangun Datar

Pada postingan kali ini penulis ingin mengupas mengenai pembelajaran bangun datar segiempat, baik di sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama. Bangun datar segiempat merupakan salah satu materi yang dikaji dalam geometri. Berdasarkan tata urutannya, bangun datar diajarkan sesudah materi garis, sudut, dan segitiga.

Wednesday, 18 June 2014

Relasi dan Fungsi (Bagian III)

Fungsi Linier
Fungsi linear merupakan fungsi dengan derajat (pangkat tertinggi pada variabel) satu.
Jika a dan b adalah suatu bilangan real, maka fungsi linear f(x) dinyatakan dengan :

Contoh:

Dengan a = -2 dan b = 0

Dengan a = 1 dan b = 7

Menentukan Nilai Fungsi Linier
Menentukan nilai dari fungsi linier adalah dengan cara mensubstitusikan nilai domain yang diketahui, contoh:
Diberikan suatu fungsi . Nilai dari adalah ....
Jawab:




Sehingga nilai dari  adalah .

Menentukan Rumus Fungsi Jika Diketahui Nilai dari Fungsinya
Contoh:
Fungsi f didefinisikan dengan rumus . Jika  dan , maka rumus fungsi f adalah ....
Jawab: 
Untuk , maka

.............................(1)
Untuk , maka

..........................(2)

Dari (1) dan (2) kemudian kita eliminasikan








Untuk menentukan nilai b,kita dapat mensubstitusikan kedalam persamaan satu atau dua



Sehingga rumus fungsi f adalah

Tuesday, 17 June 2014

Cara Mengerjakan Deret Tak Hingga Tanpa Menggunakan Rumus Deret Tak Hingga

Sumber gambar: en.wikipedia.org
Ide awal dari perhitungan ini adlah ketika penulis penasaran mengapa harus menggunakan rumus 
Setelah penulis cek pola barisannya,memang ada sesuatu yang berulang. Bagi pecinta konsep ketimbang rumus yang sudah jadi, mungkin bisa berguna,

Forget and Forgotten (Lupa dan Dilupakan)

Sumber gambar: www.anneahira.com
Huufft...

Suara itulah yang keluar dari mulutku saat aku terduduk lesu di atas kasur kapuk berlapiskan selembar seprai bermotif tanaman. Agak lama aku termenung, tas sekolah yang masih tergantung pada punggungku yang sudah lelah menjinjing tas ini aku hempaskan ke sudut kasur. Aku kemudian berbaring di atas kasurku ini sambil ditemani suara berderit dari ranjang. Sudah tua memang usia ranjang ini. Kepala aku letakkan tepat di atas sebuah bantal yang juga dibungkus oleh sebuah kain yang motifnya mirip dengan seprai kasurku.

Monday, 16 June 2014

Sebuah Nasehat Bijak yang Kian Ditinggalkan

Sumber gambar: yogaprakosonugroho.wordpress.com
Pertama-tama postingan ini kusampaikan kepada seluruh pelajar di Indonesia, semoga dapat sesuatu yang baik dari apa yang dituis oleh penulis.

Ketika saya dulu masih duduk di bangku sekolah, saya ingat nasehat nasehat orang tua di jaman itu. Dia berkata "yen kowe pingin urip mulyo, sudanen mangan lan guling lan prihatin " (jika kamu ingin hidup sukses, kurangilah makan dan tidur dan banyaklah tirakat). Dalam hal ini, prihatin berarti bersusah payah untuk mencapai 

Relasi dan Fungsi (Bagian II)

Fungsi
Fungsi merupakan relasi khusus dimana setiap anggota domain memasangkan tepat satu kepada anggota kodomain.

Sunday, 15 June 2014

Soal Persamaan Linier Satu Variabel yang Mantap Dicoba

Soal Persamaan Linier Satu Variabel

1.     Umur John adalah dua kali umur Mary, dan umur Mary tiga kali umur Bill. Nyatakan tiap tiap umur tersebut dalam bentuk satu umur yang tidak diketahui
2.     Seorang laki laki berumur 41 tahun dan anaknya berumur 6 tahun. Di dalam berapa tahun lagi umur ayah menjadi tiga kali umur anaknya?
3.     Jumlah angka dari bilangan yang terdiri dari dua angka adalah 12. Apabila angka-angkanya dibalik, bilangan yang baru adalah 4/7 kali bilangan semula. Tentukan bilangan semula!
4.    Sebuah tangki berisi 20 gallon campuran alcohol dan air dimana 40% berisi alcohol. Berapa isi campuran yang harus dipindahkan untuk digantikan dengan air dengan isi yang sama sehingga menghasilkan 20% berisi alcohol?

Sumber:  Matematika Dasar karangan Murray R. Spiegel.

Soal selangkapnya, unduh disini.

Meneropong Keindahan Pantai Kondang Merak

Sumber gambar: http://www.wisatapanorama.com/pantai-kondang-merak-pantai-alami-malang-dengan-legenda-burung-merak.html
Kondang Merak merupakan salah satu pantai yang berada di wilayah Malang bagian selatan. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Pantai ini berada di pesisir pantai selatan dan berada 2 km sebelum Pantai Bale Kambang. Dari Kota Malang, kita dapat menempuhnya dengan menggunakan sepeda motor, mobil, atau truk selama kurang lebih 2-2,5 jam. Sedangkan untuk angkutan umum, tidak terdapat akses angkutan umum dikarenakan masih sepinya daerah ini dan kontur jalan yang masih makadam.

UN, Ujian Akhlaq yang Berwujud Akademik

Sumber gambar: blogkrizeer.blogspot.com
Bagi sebagian besar orang Indonesia, Ujian Nasional atau UN dianggap sebagai sesuatu yang sangat penting. Saking pentingnya, banyak pihak yang terlibat, mulai dari pejabat hingga orang tua siswa dan siswa itu sendiri. Sebenarnya apa yang menjadi UN dijadikan "primadona" di Indonesia?

Sampai saat ini, bagi kebanyakan orang UN dianggap sebagai tolak ukur keberhasilan siswa. Siswa dinyatakan pandai atau tidak, tergantung seberapa besar nominal yang terdapat pada hasil UN dia. Karenanya beberapa siswa berusaha keras untuk memperolehnya, mulai dari belajar dengan giat, mendatangkan berbagai guru les,