Mari kita jadikan matematika sebagai pelajaran yang menarik dan menyenangkan...
Pages - Menu
▼
Pages - Menu
▼
Wednesday, 24 December 2014
Monday, 8 December 2014
Soal Matematika Tentang Rally Point
Rally
Point
Perhitungan poin permainan
bulutangkis sebenarnya beberapa kali berubah hingga akhirnya sejak tahun 2006
sistem rally point resmi diberlakukan. Sistem poin reli ini lebih mudah
dipahami dan tidak membingungkan. Berikut ini penjelasan detil tentang aturan perhitungan
poin dengan sistem rally.
www.lintasberita.web.id |
Thursday, 27 November 2014
Pembuktian Sifat-Sifat Dalam Pangkat tak Sebenarnya
http://www.solving-math-problems.com/exponent-rules-division.html |
Wednesday, 26 November 2014
Latihan Soal UN Indikator 1-5
Sumber: srisultanagung.blogspot.com
|
1.
Nilai dari 13 – (-56):7+4x(-5) adalah ....
a.
-1
b.
1
c.
-15
d.
15
2.
Daftar belanjaan Gendhis:
Gula kg @Rp
6.000,00
Tepung 7 ons @Rp
3.000,00
Telur 3 kg @Rp 5.000,00
Vanili 3 bungkus @ Rp 2.000,00
Jika Gendhis memiliki 2 lembar uang lima puluh ribuan untuk membelanjakan
semuanya itu, maka:
a.
Kembali
22.250
b.
Kurang
22.250
c.
Kembali 41.750
d.
Kurang
41.750
3.
Jika t adalah nilai dari 9+9 - 9 x 9 : 9, maka
nilai dari 2t adalah ....
a.
4,5
b.
9
c.
18
d.
36
4.
Pada siang hari, suhu udara di Jeddah mencapai
380C. Pada malam hari, suhu udara disana sebesar -40C.
Selisih antara suhu udara pada siang hari dan malam hari adalah ....
a.
-420C
b.
-340C
c.
340C
d.
420C
5.
Ibu mempunyai 42 Kg gula. Beras tersebut
dimasukkan kedalam kantong kresek. Jika setiap kresek berisi kg, Banyak kantong kresek yang dperlukan
adalah ....
a.
63 kg
b.
32 kg
c.
28 kg
d.
20 kg
6.
Adi,
Herman, dan Ahmad sedang memancing ikan, mereka bertiga berhasil menangkap ikan
sebanyak 360 ekor. Adi menangkap dari jumlah tersebut. Herman menangkap dari jumlah tersebut, dan sisanya ditangkap
oleh Ahmad. Banyak ikan yang ditangkap oleh Ahmad adalah ....
a.
50 ikan
b.
100 ikan
c.
200 ikan
d.
260 ikan
Soal selengkapnya dapat diunduh disini
Monday, 24 November 2014
Menentukan Peluang Pelemparan Beberapa Koin Dengan Mudah
Artikel ini saya buat sebagai jawaban atas pertanyaan kebanyakan siswa saya mengenai peluang,khususnya mengenai peluang dari pelemparan beberapa koin . Kebanyakan siswa merasa kerepotan dalam soal pelemparan n logam. Hal ini bukan karena susahnya soal, namun dikarenakan malasnya mereka membuat diagram pohon yang menyatakan ruang sampel. Berikut ini cara yang mungkin bermanfaat bagi pembaca budiman untuk menentukan banyaknya ruang sampel dan titik sampel dari pelemparan beberapa koin.
Sunday, 23 November 2014
SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA AMFIBI 2014
Alhamdulillah, olimpiade amfibi 2014 telah dilaksanakan, sebagai latihan berikutini soal Olimpiade Matematika AMFIBI 2014:
Soal babak penyisihan olimpiade amfibi 2014
Soal olimpiade amfibi 2014 babak final
Soal babak penyisihan olimpiade amfibi 2014
Soal olimpiade amfibi 2014 babak final
Thursday, 20 November 2014
PENDAFTARAN OLIMPIADE MATEMATIKA AMFIBI DIPERPANJANG
Berdasarkan kesepakatan panitia AMFIBI, maka disepakati bahwa pendaftaran Olimpiade Matematika AMFIBI 2014 diperpanjang hingga 23 November 2014. Terima kasih!
Sunday, 19 October 2014
KISI KISI OLIMPIADE MATEMATIKA AMFIBI
Berikut ini adalah kisi-kisi olimpiade matematika amfibi, semoga bermanfaat!
BILANGAN | |||||||
BILANGAN BULAT | |||||||
PANGKAT TAK SEBENARNYA | |||||||
BILANGAN RASIONAL DAN IRRASIONAL | |||||||
KETERBAGIAN | |||||||
KPK DAN FPB | |||||||
KONGRUENSI (MODULO) | |||||||
BARISAN DAN DERET | |||||||
ALJABAR | |||||||
BENTUK ALJABAR DAN MANIPULASI ALJABAR | |||||||
PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL | |||||||
SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL | |||||||
PERSAMAAN KUADRAT DAN SIFAT-SIFATNYA | |||||||
NILAI MUTLAK | |||||||
FUNGSI | |||||||
FUNGSI KOMPOSISI DAN INVERS | |||||||
GEOMETRI | |||||||
BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG | |||||||
GARIS BERAT DAN TITIK BERAT | |||||||
DALIL STEWARD | |||||||
DALIL PHYTAGORAS | |||||||
LINGKARAN DAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN | |||||||
KOMBINATORIKA | |||||||
KAIDAH PENCACAHAN | |||||||
PERMUTASI DAN KOMBINASI | |||||||
TEOREMA DE MOIVRE | |||||||
PELUANG SUATU KEJADIAN | |||||||
STATISTIKA |
Tuesday, 14 October 2014
Formulir Pendaftaran Olimpiade Amfibi 2014
Formulir pendaftaran Olimpiade Amfibi 2014 dapat diunduh dengan klik link di bawah ini:
Formulir pendaftaran olimpiade amfibi 2014 via ziddu
htFormulir pendaftaran olimpiade matematika amfibi via google drive
Formulir pendaftaran olimpiade amfibi 2014 via ziddu
htFormulir pendaftaran olimpiade matematika amfibi via google drive
Persyaratan Olimpiade Amfibi 2014
Assalaamu’alaikum
warohmatullah wa barokaatuh.
Alhamdulillah
puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat dan hidayah-Nya kepada kita semua
sehingga sampai detik ini kita masih diberikan kekuatan oleh Allah SWT untuk
berusaha melaksanakan tugas sebagai khalifah di muka bumi ini.
Sholawat
serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Rasulullah
Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya dan seluruh kaum muslimin yang senantiasa
tetap istiqomah mengikuti jejaknya.
Saturday, 9 August 2014
Pertarungan Melawan Naga Lahar
Biji zandeem. Menurut legenda, biji ini mengandung inti dari salah satu elemen penyusun dunia Fanjasia, sebuah dunia dari dimensi berbeda yang mirip dengan Bumi kita. Konon, jika seseorang tertelan biji itu, bisa dipastikan ia telah memiliki kemampuan untuk mengendalikan salah satu elemen. Namun, agar dirinya mahir menguasai teknik-tekniknya, mau tidak mau ia harus masuk ke Madraushon, sekolah khusus bagi orang-orang yang tertelan biji zandeem. Di sana akan ada banyak misi, latihan, dan turnamen yang bertujuan untuk melatih semua murid menjadi benih-benih baru Orang Terpilih yang akan mengemban tugas utama untuk menjaga keamanan dunia Fanjasia.
Arekha, Arikha, dan Kei adalah diantaranya. Ketiga anak itu sudah harus masuk ke Madraushon dengan sistem pengajaran yang ketat di saat teman-temannya masih menikmati suasana sekolah yang lengang. Hampir tiap hari mereka harus berlatih mengendalikan elemen yang mereka kuasai. Mereka juga mendapat misi yang bermacam-macam di tiap pekannya.
Salah satu misi yang mereka terima adalah hari ini. sudah 2 jam mereka menyusuri hutan yang letaknya berdekatan dengan dusun mereka untuk menyelesaikan sebuah misi yang harus mereka tuntaskan hari ini juga.
“Memang misi kita kali ini apa sih Kak?”, tanya Arikha. “Dari awal aku belum diberitahu loh”.
Arekha terkejut mendengarnya. “Ah, masa, sih, Dik?”, ujarnya tak percaya. Arikha langsung menggeleng kepalanya. Dua lembar kain yang melingkari wajahnya ikut bergoyang.
Kei dengan tanggap menjawab pertanyaan adik perempuan Arekha itu. “Nyari Asruille rawi, Dik. Itu lho, yang dibilang tanaman langka yang katanya cuma ada di hutan ini. Sebangsa rerumputan”, jelasnya. Punya teman pintar semacam Kei membuat Arekha dan adiknya serasa memiliki ensiklopedia berjalan.
Arikha langsung menangkap sesuatu dalam pikirannya. “Oooh... tanaman itu. Aku pernah dengar katanya tempat tumbuhnya di sebelah barat Lahan Tenda”, serunya.
Sontak, Arekha dan Kei berhenti melangkah. Mereka berdua kaget rupanya ada yang tahu persis lokasi tumbuhnya Asruille rawi. “Beneran, Dik?”, kata Arekha yang masih kaget.
“Beneran, Kak. Aku dengar sendiri itu”.
Segera, Kei meraih sebuah peta dari saku celananya,lalu mengamati isi peta itu. Beberapa saat kemudian, ia mengeluarkan kompas dari sakunya yang lain. Kei kemudian berputar beberapa derajat sambil tetap memperhatikan kompas yang ia pegang. Lalu, ia menurunkan kompasnya dan menatap lurus di depannya. Ekspresi wajahnya tiba-tiba berubah takjub ditambah tidak percaya. Dan semua gerak-gerik Kei diikuti juga oleh Arekha da Arikha.
“Kita hampir sampai, Kak!”, ujar Arikha sampai melompat-lompat kegirangan. Ia langsung berlari menuju Lahan Tenda, mendahului Arekha dan Kei yang masih diam seribu bahasa.
Punggung Kei tiba-tiba ditepuk oleh Arekha. “Hei! Jangan bengong aja! Adikku udah duluan, tuh”, celetuk Arekha, membuat Kei terkaget. Mereka berdua lalu menyusul Arikha hingga sampai di tengah-tengah Lahan Tenda yang luas. Tiba-tiba...
BLAR!
“Kyaaa!!!”. Arikha yang sampai duluan di Lahan Tenda itu tiba-tiba saja jatuh terlempar saat sebuah bola api menghantam tanah dan hampir mengenai dirinya. Jeritan si adik sempat membuat Arekha panik dan langsung berlari ke Arikha yang ketakutan melihat bola api di depannya. Tanpa pikir panjang, saat itu juga Arekha langsung memeluk adiknya itu dengan kelegaan karena melihat Arikha tak celaka. Namun, Kei yang tiba belakangan berusaha menepuk-nepuk pundak Arekha, berusaha memanggilnya.
“Rekha. Coba liat ke atas”, ucap Kei sambil ketakutan melihat ke atas.
Seekor naga tiba-tiba terbang di atas Arekha, Arikha, dan Kei yang terpaku melihatnya. Naga besar yang kulitnya dari kerak-kerak lahar yang hitam mengeras serta cahaya merah panas yang berpijar di tiap celah keraknya itu menghalangi misi 3 anak Orang Terpilih itu yang sebenarnya sudah antiklimaks. Naga mengerikan yang kerap dijuluki Naga Lahar itu menyemburkan api lewat mulutnya, membuat 3 anak itu terjebak di dalam lingkaran api yang mengitari Lahan Tenda. Belum puas, naga itu kali ini menyerang Arekha, Arikha, dan Kei dengan semburan apinya yang panas membara. Beruntung, mereka bertiga masih punya kesempatan menyelamatkan diri dengan melemparkan diri mereka sambil berpencar.
Tahu-tahu, tubuh Arekha melayang di atas tanah, dan kini ia terbang untuk menghadapi Naga Lahar dengan kemampuannya mengendalikan elemen udara. Sang naga hitam yang tahu Arekha ada di depannya langsung menatap Arekha tajam. Namun, Arekha tak gentar. Ia justru mengambil posisi menyiapkan jurus Bola Meriam Udara-nya yang besar. Dan, BUM! Bak meriam ditembakkan, Bola Meriam Udara itu terlontar dari kedua tangan Arekha hingga tepat mengenai tubuh naga yang besar itu, membuat naga itu terlempar beberapa jauhnya.
“Hei, Rekha! Apa yang kau lakukan?!”, teriak Kei dari bawah. “Kau sadar apa yang sudah kau lakukan!?”.
“Iya, aku tahu kok. Aku cuma ingin menjauhkannya sebentar”, balas Arekha santai. “Dik Rikha! Bisa kau bawa air yang banyak dari sungai Poltza?”, lanjut Arekha. Kali ini nadanya serius.
“Tapi gimana caranya kesana, Kak?”, ucap Arikha tak mengerti. “Kita kan, masih terjebak”.
“Pakai portal Dimensi-nya Kak Kei!”.
Dengan cepat Arikha berlari menuju Portal Dimensi dari Kei dengan kekuatan elemen ruang dan dimensi—sesuatu yang terbilang jarang di kalangan Orang Terpilih. Sementara itu, Arekha mengalami pertarungan dengan Naga Lahar. Sempat terlempar akibat efek Perisai Udara-nya yang diseruduk sang naga yang tiba-tiba terbang menghampirinya dengan kecepatan tinggi, Arekha akhirnya bisa membalas naga itu dengan rentetan Bola Meriam Udara yang kali ini lebih kecil dari sebelumnya. Arekha memang berniat tak melempar naga itu sampai jauh, seperti yang ia lakukan sebelumnya.
“Kakak! Aku sudah bawa airnya!”, teriak Arikha dari dalam Portal Dimensi-nya Kei yang kemudian disusul dengan suara gemuruh air.
“Bagus Dik!”, puji Arekha yang sudah di atas Lahan Tenda kembali. “Tahan airnya sebentar, Dik! Kei, bisa bantu aku? Buat naganya melemah”, perintahnya. Kemudian, sambil mempertahankan portalnya, Kei membuat Tombak Ruang yang berwarna nila transparan itu dengan jemarinya. Dengan satu tangan, Kei melemparkan tombak-tombak itu ke arah naga yang masih sibuk berhadapan dengan Arekha. Cep-Cep-Cep! Kelima tombak yang dilempar Kei berhasil mengenai sasaran.
Sang naga mulai melemah akibat lima Tombak Ruang-nya Kei yang menusuk kulit hitamnya. Badannya mulai terhuyung. Arekha yang membaca keadaan langsung membumbung hingga beberapa kaki dari naga, lalu ia mengeluarkan Bola Meriam Udara yang lebih besar dari ukuran saat Arekha melempar jauh Naga Lahar. Dan... GEDEBUM! Tubuh naga itu mengalami pendaratan yang sangat keras di Lahan Tenda. Naga itu kini tak berdaya.
“Arikha, sekarang!”, seru Kei. Arikha keluar dari portal dengan membawa berliter-liter air yang melayang. “Dik Rikha, kita lakukan sama-sama ya. Kamu guyur badan naga ini, lalu kakak yang menyelesaikannya”, perintah Arekha kepada adiknya. “Kita buat naga ini beku”.
Akhirnya, dengan siraman air sungai Poltza dari Arikha yang kemudian dibarengi dengan Hembusan Udara Dingin yang keluar dari kedua tangan Arekha, tubuh Naga Lahar yang tak berdaya itu perlahan mendingin, hingga sekujur tubuhnya kini membeku.
Thursday, 7 August 2014
Sunday, 6 July 2014
Soal Cerita Matematika yang Menjebak
Sumber gambar: www.lintasnusantaraco.indonetwork.co.id |
Cinta di Atas Cinta (a cerpen)
Assalamualaikum, Kawan! Gimana nih kabarnya? Pasti baik semua kan? :) Aku harap sih semua sehat2.
Nah, ini adalah kesempatan pertama saya berkolaborasi dengan Bapak Bagoes Darmawan yang merupakan guru matematika saya sewaktu di kelas dua SMP (trims, Pak :) ). Sebenarnya sih, saya juga sudah punya blog sendiri (silahkan kunjugi ya :) ). Tapi yah, emang semua sepi di blog saya.
Ya udah. Ini kali pertama saya posting di blog ini. Jadi, enjoy my cerpen ya!
Nah, ini adalah kesempatan pertama saya berkolaborasi dengan Bapak Bagoes Darmawan yang merupakan guru matematika saya sewaktu di kelas dua SMP (trims, Pak :) ). Sebenarnya sih, saya juga sudah punya blog sendiri (silahkan kunjugi ya :) ). Tapi yah, emang semua sepi di blog saya.
Ya udah. Ini kali pertama saya posting di blog ini. Jadi, enjoy my cerpen ya!
Tuesday, 24 June 2014
Monday, 23 June 2014
Teka teki Matematika, Dua Pewaris Tahta
Dikisahkan, seorang ayah memiliki dua orang anak. Di penhujung ajalnya, dia memberikan wasiat kepada mereka. Melalui orang kepercayaannya, dibacakanlah wasiat tersebut. Isi dari wasiat tersebut adalah sebagai berikut:
" Seluruh hartaku akan kuberikan kepada kedua anakku. Namun, untuk mendapatkannya, mereka harus mengambil di tempat yang telah aku tentukan. Untuk kesana aku sediakan dua ekor kuda. Kuda yang berwarna hitam untuk anak pertama dan kuda berwarna putih adalah untuk anak kedua. Jika kalian menginginkan mendapatkan harta yang
" Seluruh hartaku akan kuberikan kepada kedua anakku. Namun, untuk mendapatkannya, mereka harus mengambil di tempat yang telah aku tentukan. Untuk kesana aku sediakan dua ekor kuda. Kuda yang berwarna hitam untuk anak pertama dan kuda berwarna putih adalah untuk anak kedua. Jika kalian menginginkan mendapatkan harta yang
Saturday, 21 June 2014
Outing Sebagai Media Pembelajaran Akhlaq
Sekolah adalah salah satu lembaga pendidikan. Melalui sekolah, siswa dilatih berbagai macam keterampilan dan kecakapan hidup (life skill). Sehingga selain kemampuan akademik, hal yang perlu dibangun oleh sekolah adalah perihal mental spiritual siswa misalnya akhlaq.
Untuk membangun mental spiritual siswa kearah yang lebih baik dapat dilakukan dengan berbagai macam program, misalnya nasehat-nasehat yang diberikan oleh guru sewaktu kegiatan belajar di kelas, kegiatan outbond, pramuka, ekstrakulikuler, dan kegiatan lainnya. Kesemua kegiatan tersebut dapat membina kepribadian siswa seperti peduli terhadap teman, saling menghargai, kerjasama, dan lain-lain.
Untuk membangun mental spiritual siswa kearah yang lebih baik dapat dilakukan dengan berbagai macam program, misalnya nasehat-nasehat yang diberikan oleh guru sewaktu kegiatan belajar di kelas, kegiatan outbond, pramuka, ekstrakulikuler, dan kegiatan lainnya. Kesemua kegiatan tersebut dapat membina kepribadian siswa seperti peduli terhadap teman, saling menghargai, kerjasama, dan lain-lain.
Friday, 20 June 2014
Soal dan Pembahasan Persamaan Linier Satu Variabel
Soal
1. Umur John adalah dua kali umur Mary, dan umur Mary tiga kali umur Bill. Nyatakan tiap tiap umur tersebut dalam bentuk satu umur yang tidak diketahui
1. Umur John adalah dua kali umur Mary, dan umur Mary tiga kali umur Bill. Nyatakan tiap tiap umur tersebut dalam bentuk satu umur yang tidak diketahui
2. Seorang laki laki berumur 41 tahun dan anaknya berumur 6 tahun. Di dalam berapa tahun lagi umur ayah menjadi tiga kali umur anaknya?
3. Jumlah angka dari bilangan yang terdiri dari dua angka adalah 12. Apabila angka-angkanya dibalik, bilangan yang baru adalah 4/7 kali bilangan semula. Tentukan bilangan semula!
Jawab:
1. Misal umur Mary adalah x, maka
Umur John = 2x
Umur Mary tiga kali umur Bill, maka umur Bill sepertiga umur Mary, maka
Bill = 1/3 x
2. Umur ayah sekarang 41 tahun.
Umur anaknya sekarang 6 tahun.
Misalkan pada x tahun umur Ayah tiga kali umur anaknya, sehingga
41+x = 3(6+x)
41+x = 18+3x
-3x+x = 18-41
-2x = - 23
x = 11,5
Maka setelah 11 tahun 6 bulan, umur Ayah tiga kali anaknya.
3. Misal angka satuan adalah x dan angka puluhan adalah y.
jika x+y = 12, maka y= 12-x
Maka bilangan yang dimaksud adalah 10(12-x)+x
Apabila angka-angkanya dibalik, bilangan yang baru adalah 4/7 kali bilangan semula, maka
10x+12-x = 4/7 [10(12-x)+x]
9x+12 = 4/7 [120-10x+x]
4(9x+12) = 7(120-9x)
36x+48 = 840-63x
99x = 792
x = 8
y = 12 -8= 4
Bilangan yang dimaksud adalah 48
Tips Menentukan Siswa Untuk Dibina Olimpiade
Akhir-akhir ini,olimpiade sangat marak dalam dunia pendidikan. Hal ini terlihat banyaknya sekolah yang memprioritaskan olimpiade sebagai salah satu program prioritas mereka, seperti membuat program kelas khusus untuk olimpiade, memasukkan olimpiade kedalam kurikulum atau ekstrakulikuler. Selain itu, dalam dunia mayapun olimpiade menjadi topik yang sangat hangat untuk dibicarakan.
Begitu pentingnya olimpiade bagi sekolah, sehingga kita sebagai guru atau pembina harus pandai dalam menemukan siswa untuk dapat dibina. Berikut ini adalah tips dalam menentukan siswa untuk dibina dalam rangka mempersiapkan olimpiade berdasarkan pengalaman penulis:
Begitu pentingnya olimpiade bagi sekolah, sehingga kita sebagai guru atau pembina harus pandai dalam menemukan siswa untuk dapat dibina. Berikut ini adalah tips dalam menentukan siswa untuk dibina dalam rangka mempersiapkan olimpiade berdasarkan pengalaman penulis:
Thursday, 19 June 2014
Cara Cepat Menyelesaikan Persamaan Garis (Bagian I)
Sumber gambar: www.tutorvista.com |
Cara Menanamkan Konsep Dasar Bangun Datar
Pada postingan kali ini penulis ingin mengupas mengenai pembelajaran bangun datar segiempat, baik di sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama. Bangun datar segiempat merupakan salah satu materi yang dikaji dalam geometri. Berdasarkan tata urutannya, bangun datar diajarkan sesudah materi garis, sudut, dan segitiga.
Wednesday, 18 June 2014
Relasi dan Fungsi (Bagian III)
Fungsi Linier
Fungsi linear merupakan fungsi dengan derajat (pangkat tertinggi pada variabel) satu.
Jika a dan b adalah suatu bilangan real, maka fungsi linear f(x) dinyatakan dengan :
Contoh:
Dengan a = -2 dan b = 0
Dengan a = 1 dan b = 7
Menentukan Nilai Fungsi Linier
Menentukan nilai dari fungsi linier adalah dengan cara mensubstitusikan nilai domain yang diketahui, contoh:
Diberikan suatu fungsi . Nilai dari adalah ....
Jawab:
Sehingga nilai dari adalah .
Menentukan Rumus Fungsi Jika Diketahui Nilai dari Fungsinya
Contoh:
Fungsi f didefinisikan dengan rumus . Jika dan , maka rumus fungsi f adalah ....
Jawab:
Untuk , maka
.............................(1)
Untuk , maka
..........................(2)
Dari (1) dan (2) kemudian kita eliminasikan
Untuk menentukan nilai b,kita dapat mensubstitusikan kedalam persamaan satu atau dua
Sehingga rumus fungsi f adalah
Fungsi linear merupakan fungsi dengan derajat (pangkat tertinggi pada variabel) satu.
Jika a dan b adalah suatu bilangan real, maka fungsi linear f(x) dinyatakan dengan :
Contoh:
Dengan a = -2 dan b = 0
Dengan a = 1 dan b = 7
Menentukan Nilai Fungsi Linier
Menentukan nilai dari fungsi linier adalah dengan cara mensubstitusikan nilai domain yang diketahui, contoh:
Diberikan suatu fungsi . Nilai dari adalah ....
Jawab:
Sehingga nilai dari adalah .
Menentukan Rumus Fungsi Jika Diketahui Nilai dari Fungsinya
Contoh:
Fungsi f didefinisikan dengan rumus . Jika dan , maka rumus fungsi f adalah ....
Jawab:
Untuk , maka
.............................(1)
Untuk , maka
..........................(2)
Dari (1) dan (2) kemudian kita eliminasikan
Untuk menentukan nilai b,kita dapat mensubstitusikan kedalam persamaan satu atau dua
Sehingga rumus fungsi f adalah
Tuesday, 17 June 2014
Cara Mengerjakan Deret Tak Hingga Tanpa Menggunakan Rumus Deret Tak Hingga
Sumber gambar: en.wikipedia.org |
Setelah penulis cek pola barisannya,memang ada sesuatu yang berulang. Bagi pecinta konsep ketimbang rumus yang sudah jadi, mungkin bisa berguna,
Forget and Forgotten (Lupa dan Dilupakan)
Sumber gambar: www.anneahira.com |
Huufft...
Suara itulah yang keluar dari mulutku saat aku terduduk lesu di atas kasur kapuk berlapiskan selembar seprai bermotif tanaman. Agak lama aku termenung, tas sekolah yang masih tergantung pada punggungku yang sudah lelah menjinjing tas ini aku hempaskan ke sudut kasur. Aku kemudian berbaring di atas kasurku ini sambil ditemani suara berderit dari ranjang. Sudah tua memang usia ranjang ini. Kepala aku letakkan tepat di atas sebuah bantal yang juga dibungkus oleh sebuah kain yang motifnya mirip dengan seprai kasurku.
Monday, 16 June 2014
Sebuah Nasehat Bijak yang Kian Ditinggalkan
Sumber gambar: yogaprakosonugroho.wordpress.com |
Ketika saya dulu masih duduk di bangku sekolah, saya ingat nasehat nasehat orang tua di jaman itu. Dia berkata "yen kowe pingin urip mulyo, sudanen mangan lan guling lan prihatin " (jika kamu ingin hidup sukses, kurangilah makan dan tidur dan banyaklah tirakat). Dalam hal ini, prihatin berarti bersusah payah untuk mencapai
Relasi dan Fungsi (Bagian II)
Fungsi
Fungsi merupakan relasi khusus dimana setiap anggota domain memasangkan tepat satu kepada anggota kodomain.
Fungsi merupakan relasi khusus dimana setiap anggota domain memasangkan tepat satu kepada anggota kodomain.
Sunday, 15 June 2014
Soal Persamaan Linier Satu Variabel yang Mantap Dicoba
Soal
Persamaan Linier Satu Variabel
1. Umur John adalah dua kali umur Mary, dan umur
Mary tiga kali umur Bill. Nyatakan tiap tiap umur tersebut dalam bentuk satu
umur yang tidak diketahui
2. Seorang laki laki berumur 41 tahun dan anaknya
berumur 6 tahun. Di dalam berapa tahun lagi umur ayah menjadi tiga kali umur
anaknya?
3. Jumlah angka dari bilangan yang terdiri dari dua
angka adalah 12. Apabila angka-angkanya dibalik, bilangan yang baru adalah 4/7
kali bilangan semula. Tentukan bilangan semula!
4. Sebuah tangki berisi 20 gallon campuran alcohol
dan air dimana 40% berisi alcohol. Berapa isi campuran yang harus dipindahkan
untuk digantikan dengan air dengan isi yang sama sehingga menghasilkan 20%
berisi alcohol?
Sumber: Matematika Dasar karangan Murray R. Spiegel.
Soal selangkapnya, unduh disini.
Meneropong Keindahan Pantai Kondang Merak
Sumber gambar: http://www.wisatapanorama.com/pantai-kondang-merak-pantai-alami-malang-dengan-legenda-burung-merak.html |
Kondang Merak merupakan salah satu pantai yang berada di wilayah Malang bagian selatan. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Pantai ini berada di pesisir pantai selatan dan berada 2 km sebelum Pantai Bale Kambang. Dari Kota Malang, kita dapat menempuhnya dengan menggunakan sepeda motor, mobil, atau truk selama kurang lebih 2-2,5 jam. Sedangkan untuk angkutan umum, tidak terdapat akses angkutan umum dikarenakan masih sepinya daerah ini dan kontur jalan yang masih makadam.
UN, Ujian Akhlaq yang Berwujud Akademik
Sumber gambar: blogkrizeer.blogspot.com |
Sampai saat ini, bagi kebanyakan orang UN dianggap sebagai tolak ukur keberhasilan siswa. Siswa dinyatakan pandai atau tidak, tergantung seberapa besar nominal yang terdapat pada hasil UN dia. Karenanya beberapa siswa berusaha keras untuk memperolehnya, mulai dari belajar dengan giat, mendatangkan berbagai guru les,