Subscribe Blog Ini Untuk Mendapatkan Materi Matematika Yang Terbaru Soal UN Matematika ini Mudah Jika Kita Paham Konsep Dasarnya - Cara Asyik Belajar Matematika
Thursday 4 June 2015

Sumber gambar: www.evaluasinasional.com
Matematika adalah salah satu pelajaran yang di UN kan. Soal-soal matematika yang terdapat dalam UN matematika sangat bervariasi, mulai dari soal mudah, sedang, hingga soal dengan kategori sulit. Yang menarik dari soal matematika UN adalah, ada soal yang menguji siswa sejauh mana pemahaman siswa  mengenai konsep dasar materi tertentu yang dikemas sedemikian hingga sehingga terlihat sulit, seperti soal berikut ini:

"Luas seluruh permukaan kubus dengan panjang diagonal bidang 12 cm adalah ...." (UN 2013 Paket 1 no 33)

Jawab:
Jika dikerjakan secara asli, maka kita perlu menentukan rusuk dari kubus tersebut, yakni










Selain dengan menggunakan cara diatas, kita dapat menyelesaikannya dengan cara yang lain, yakni dengan menggunakan konsep dasar dari bangun datar. Pada pembelajaran bangun datar di kelas 7, siswa dikenalkan dengan berbagai macam bangun datar beserta sifatnya. Jika konsep bangun datar dan sifat-sifatnya tersebut melekat pada diri siswa, tentu soal ini menjadi sangat mudah sekali.

Berdasarkan sifat-sifatnya, semua sifat yang terdapat pada belah ketupat terdapat pula pada persegi, sehingga dapat kita bahwa PERSEGI ADALAH BELAH KETUPAT. Akibatnya, kita dapat menggunakan rumus luas belah ketupat untuk menentukan luas dari persegi.







0 comments: