Monday, 9 November 2015


 Pada postingan kali ini, penulis ingin berbagi mengenai bagaimana cara menentukan volume dari sebuah kerucut terpancung. Ide awal dari tulisan ini adalah secara tidak sengaja ketika penulis memberikan les privat kepada seorang siswa SMP mengenai bangun ruang sisi lengkung. Pada pembahasan mengenai kerucut terpancung, dia merasa tidak puas dan berusaha mencari bagaimana cara menentukan rumus volume dari sebuah kerucut terpancung. Alhasil, kita (penulis dan siswa) mendapatkan cara sederhana tersebut, kalau begitu langsung saja kita ulas.

Perhatikan gambar di bawah ini!












Volume dari bangun diatas adalah ....
Penyelesaian:
Untuk menyelesaikan permasalahan diatas, kita perlu memberikan memberikan garis bantu yang menandakan bangun tersebut adalah potongan dari kerucut.
Berdasarkan hasil diatas, maka untuk menentukan tinggi CD dan CO dapat kita gunakan teorema phytagoras, diperoleh CD= 3 cm dan CO= 9 cm.
Langkah berikutnya adalah menentukan volume dari kerucut terpancung, yakni











Konsep ini dapat kita kembangkan untuk kerucut terpancung dengan perbandingan jari-jari m dan n. Perhatikan contoh di bawah ini!
Demikian tips dari penulis, kritik dan saran senantiasa diharapkan, mengingat masih banyaknya kekurangan akan tulisan penulis. 

Berdasarkan soal diatas, maka 
DB= 4= 4x1
OA= 12= 4x3
CD= 3 cm= 3x1
CO= 9 cm= 3x3



1 comments:

Anonymous said...

Weee Pak Oes Guru Killer (y)
Materinya Good Pak
Tambahin soal UH sama UTS sama UAS juga

#Ohayoimatsu