Monday, 26 May 2014

Pernah nonton reality show bertajuk kuis yang bernama benteng takeshi? Bagi yang belum pernah denger, okelah saya jelaskan sedikit. Benteng takeshi adalah sebuah kuis jepang yang diikuti oleh 100 peserta. Semua peserta diberi misi untuk menaklukkan benteng takeshi. Karena adalah sebuah kuis, maka untuk sampai ke benteng takeshi tidak mudah, banyak rintangan yang sengaja disiapkan agar peserta tidak dapat sampai ke benteng takeshi.
Salah satu rintangan yang paling menginspirasi saya adalah rintangan terakhir sebelum peserta yang tersisa masuk kedalam benteng takeshi, yakni disediakan enam buah lobang. Dari keenam lobang tersebut terdapat dua lobang yang berisi jebakan berupa 2 orang algojo, sedangkan keempat lobang lainnya adalah lobang yang mengantarkan ke benteng takeshi. Tantangan ini memberi saya inspirasi membat soal peluang sebagai berikut:

Dari keseratus peserta benteng takeshi, tersisa lima orang peserta. Untuk sampai ke benteng takesh,mereka harus memilih 6 lobang, dimana 2 lobang berisi algojo yang menghadang mereka sampai ke benteng takeshi, dan 4 lobang dapat mengantarkan mereka ke benteng takeshi. Berapa peluang dua orang peserta dapat masuk kebenteng takeshi?

0 comments: