Wednesday, 21 May 2014

Sekilas ketika saya membaca judul dari film ini dalam benak saya adalah film bertemakan tokusatsu (film laga). Kemudian saya berniat untuk mengunduhnya, meskipun butuh kesabaran untuk mengunduhnya. Setelah selesai mengunduh satu episode, tidak sabar saya untuk menontonnya. Ternyata, bukan film tokusatsu, melainkan drama jepang bertemakan pendidikan. Kecewa juga sih, tapi kucoba tonton dulu, mengingat mengunduhnya perlu kesabaran tingkat tinggi, hehehe. Namun, semakin jauh saya menontonnya, semakin tertarik akan film satu ini dan berniat mendownload film ini hingga habis.



Film satu ini menceritakan mengenai Ryuuzan High School, sekolah yang terancam bangkrut dan ditutup dikarenakan prestasinya sangat terpuruk, yakni skor rata-rata lulusannya yang hanya 36 dan direktur sekolah yang kurang tegas akan program sekolah. Kemudian, datang seorang pengacara miskin dengan reputasinya yang kurang baik (Sakuragi Kenji) menawarkan bantuan untuk meningkatkan kualitas sekolah, yakni dengan membuat kelas khusus yang dipersiapkan untuk mengikuti tes masuk Todai University (Kalau disini kaya UI) dan menjamin minimal 5 orang siswa dapat masuk disana. Spontan, para guru dan dewan sekolah menganggap semua itu bualan belaka dan menentangnya, mengingat semua murid di Ryuuzan adalah siswa yang bodoh. Namun, karena Direktur sekolah menyetujuinya, tidak ada yang berani membantah, meskipun banyak trik yang mereka gunakan untuk mengeluarkan sang pengacara dari sekolah tersebut. Singkat cerita, Enam siswa bersedia mengikuti kelas khusus. Dalam kelas khusus tersebut, berbagai model diterapkan oleh Sakuragi guna mengantarkan siswanya masuk ke Todai, seperti camp 10 hari. Akhir cerita, dari enam siswa kelas khusus, hanya tiga siswa yang berhasil masuk ke Todai university. Karena tidak sesuai dengan target awal dan janjinya, Sakuragi mengundurkan diri secara terhormat dari Todai, Namun demikian hasil yang diraih oleh ketiga siswa tersebut merubah cara pandang para guru dan masyarakat luas mengenai Ryuuzan High School.
Keren, kan filmnya? Ini adalah salah satu film favorit saya, karena banyak inspirasi yang saya dapatkan dari serial ini, mengingat profesi saya juga tidak jauh jauh dari film ini. Inspirasi yang saya ambil dari kisah ini adalah
  1. Jangan memandang segala sesuatu dari luarnya, atau berdasarkan pandangan masyarakat Kebanyakan dari masyarakat kita menganggap segala sesuatu yang baik adalah segala sesuatu yang masyarakat anggap baik. Namun, dari serial ini saya belajar bahwa tidak selamanya sesuatu yang terlihat buruk itu memang buruk, atau sesuatu yang menurut kebanyakan orang buruk belum tentu semua itu buruk.
  2. Jangan pernah takut untuk berjuang meraih mimpi, mimpi adalah sesuatu yang sangat diraih, karena semuanya itu tidak cuma-cuma                                                                                                                  
  3. Kesuksesan bukanlah semata-mata milik orang yang pandai dan memiliki kecerdasan yang tinggi, namun kesuksesan adalah milik semua orang yang berani bermimpi dan mau sekuat tenaga untuk mewujudkan semua itu.
  4. Kalau kita ingin mematahkan anggapan-anggapan negatif seseorang mengenai kita atau lingkungan, tidak dengan menyalahkan secara langsung dan melakukan hal yang konfrontatif, namun dengan berusaha menepis anggapan itu dengan bekerja keras.
SUKSES UNTUK KITA SEMUA!

0 comments: