Wednesday, 21 May 2014

Ada kalanya pembelajaran matematika itu serius dan ada kalanya pembelajaran matematika itu santai dan menyenangkan, salah satunya adalah membuat game pembelajaran.



Dalam Kesempatan kali ini, penulis ingin berbagi mengenai cara membuat game matematika yang oleh penulis diberi nama "Mathematics World". Namun mohon maaf, penulis tidak sempat memposting foto-foto ilustrasinya dikarenakan faktor waktu, hehehe.
Alat dan Bahan:
1. Kertas karton putih
2. Kardus bekas
3. Karton berwarna
4. Pensil
5. Pensil warna
6. Lem
7. Gunting
Langkah membuat:
  1. Sediakan Karton putih , kemudian gambar peta Mathematics World sesuai imajinasimu yang di dalamnya memuat 4 atau lebih negara besar.
  2. Sertakan juga informasi-informasi dalam peta tersebut seperti nama pulau, danau, gunung, ibukota, kota , dan sebagainya untuk memperindah.
  3. Kemudian warnai peta yang telah kamu buat dengan pensil warna.Gunting kardus seukuran dengan karton, kemudian lem karton dan kardus tersebut dengan kardus sebagai alas karton.
  4. Potong karton berwarna seukuran kartu remi sebanyak 20-25, kemudian tuliskan pada kartu tersebut dengan soal soal matematika dan dua buah kartu tersisa tuliskan kata immunity card. agar kartu awet, disarankan untuk dilaminating.
  5. Buat potongan kecil kecil pada kardus sebanyak 25 buah. beri 5 warna berbeda pada kardus tersebut.
Cara bermain:
  1. Buat 4-5 kelompok ( tergantung banyak negara matematika yang dibuat)
  2. Taruh potongan kecil kardus yang telah diwarnai (selanjutnya kita sebut jendral) kedalam negara di Mathematics World. Tiap negara memiliki jendral yang memiliki warna yang sama.
  3. Game dilaksanakan bergiliran, artinya setiap kelompok secara bergiliran tampil.
  4. Ketika suatu kelompok di negara tertentu mengambil soal, sebelum dia mengambil soal sang hakim (tunjuk satu orang yang adil) memberikan pilihan dijawab sendiri atau dilempar.
  5. Jika anggota kelompok yang bertugas memilih jawab sendiri, maka jika ia menjawab benar, ia dapat mengambil salah satu jendral musuh, akan tetapi jika kelompok yang bertugas tidak dapat menjawab, maka salah satu jendralnya akan ditahan oleh hakim.
  6. Jika anggota kelompok yang bertugas memilih untuk dijawab kelompok negara lain, maka jika kelompok yang ditunjuk menjawab benar, maka salah satu jendral kelompok yang menunjuk akan diambilnya, namun jika kelompok yang ditunjuk menjawab salah, maka salah satu jendral kelompok yang menjawab akan diambil oleh kelompok yang menunjuk.
  7. Di sela-sela game, hakim menawarkan kartu imunity dengan jalan memberikan pertanyaan secara berebut. Jika kelompok yang ditunjuk menjawab benar maka ia berhak mendapat imunity card namun jika anggota yang ditunjuk menjawab salah, maka 2 jendral miliknya ditahan oleh hakim.
  8. Kelompok yang mendapatkan imunity card mendapat jendral yang dimainkan kebal selama satu kali main.
  9. Permainan dilakukan terus menerus hingga didapatkan satu negara yang menang
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

0 comments: