Sunday, 25 May 2014

Dikisahkan dua orang penjelajah sedang menempuh perjalanan ke suatu tempat. Ketika sekian lama berjalan, mereka melihat sebuah pondok kecil. Mereka kemudian menghampiri pondok tersebut bermaksud untuk meminta ijin singgah sebentar melepas lelah. Diketuklah pintu tiga kali dan tidak lama kemudian keluarlah seorang perempuan yang sudah tidak muda lagi.
      Setelah menjelaskan maksud kedatangannya, si nenek mempersilahkan kedua orang penjelajah tersebut singgah. Melihat kondisi keduanya sangat lelah, sang nenek menyuguhi makanan dan minuman. Beberapa saat kemudian, keduanya pamit karena dirasa sudah cukup. Sebelum memulai perjalanan, sang nenek memberikan bekal kepada mereka berdua. Namun bekal sang nenek adalah sesuatu yang tidak biasa dan dirasa aneh.



      "Ambillah batu ini sebanyak banyaknya sebagai bekal kalian dalam menempuh perjalanan"kata nenek.
      Pemuda pertama merasa bahwa apa yang dikatakan nenek adalah aneh dan tidak logis. dalam hatinya dia berpikir "buat apa aku membawa batu dalam perjalanan, hanya membuat perjalanan lebih berat saja. Lebih baik aku ambil kerikil yang kecil saja supaya tidak terkesan menolak". Sedangkan pemuda kedua, meskipun tidak memahami maksud nenek, dia tetap mengambil beberapa batu yang agak besar untuk dibawa, karena dia percaya kalau nenek tersebut adalah orang baik dan apa yang diperintahkannya juga baik.
     Ditengah perjalanan, si pemuda pertama membuka tasnya bermaksud membuang kerikil yang telah diambilnya. Ketika dia mengambil kerikiltersebut dari dalam tasnya, dia sangat takjub sekaligus kecewa, karena kerikil yang berada di dalam tas tersebut adalah sebuah emas murni. Dia menyesal mengapa dia tidak mengambil semua batu yang ada di rumah nenek. Dengan muka yang  kecut, dia terus memandangi tas dari pemuda kedua yang berisi emas emas yang besar.
     Cerita diatas adala perumpamaan dari kita semua dalam menempuh proses pembelajaran. Dalam belajar memanglah sulit dan berat, seperti halnya membawa batu besar dalam menempuh perjalanan. Sehingga tidak banyak orang yang mau mengambil banyak hal dari proses pembelajaran yang akhirnya mereka menyesal di belakang begitu tahu besarnya manfaat belajar. Sedangkan orang yang selalu berpikiran positif dan mau terus belajar, meskipun dirasa berat, dia akan lakukan. Karena dengan belajar dia akan mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya.

0 comments: